Selisih Harga Rp 3 Juta, Ini Bedanya Xbox Series X dan Series S

Kompas.com - 10/09/2020, 15:22 WIB
Wujud Xbox Series S dan Xbox Series X ketika disandingkan bersama-sama Brad SamsWujud Xbox Series S dan Xbox Series X ketika disandingkan bersama-sama
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Microsoft baru saja mengumumkan tanggal peluncuran dan harga konsol game generasi terbarunya, Xbox Series X dan Series S.

Kedua konsol tersebut bakal diluncurkan pada 10 November mendatang dengan harga 499 dolar AS (sekitar Rp 7,4 juta) untuk Xbox Series X dan 299 dolar AS (sekitar Rp 4,4 juta) untuk Xbox Series S. Keduanya bisa dipesan mulai 22 September 2020.

Selain harga, Microsoft juga mengumumkan rincian spesifikasi Xbox Series S. Dengan banderol yang terpaut 200 dolar AS (sekitar Rp 2,9 juta) tersebut, ada sejumlah perbedaan yang menjadikan Xbox Series X lebih mumpuni, sekaligus lebih mahal, dibanding Series S.

Perbedaan mencolok terletak di sisi desain. Xbox Series S berukuran lebih kecil dan ramping dibanding Series X.

Baca juga: Riset Ungkap Pemain Xbox Lebih Agresif daripada PlayStation

Xbox One Series X (kiri) dan Series S (kanan).Xbox Xbox One Series X (kiri) dan Series S (kanan).
Wajar saja, sebab, Series S tidak dibekali dengan slot/laci cakram. Sama seperti konsol game besutan Sony, PlayStation 5 (PS5) Digital Edition, konsol ini hanya bisa menjalankan game versi digital.

Sedangkan Series X masih memiliki laci cakram Blu-ray fisik seperti PS5 versi reguler dan pendahulunya, Xbox One.

Perbedaan juga terletak dari sisi hardware. Prosesor (CPU) delapan inti (core) AMD Zen 2 di Series X masing-masing memiliki kecepatan 3,8 GHz (Simultaneous Multithreading mencapai 3,6 GHz).

Sementara di Series S, meski jenis CPU-nya sama, kecepatannya "disunat" menjadi 3,6 GHz (dengan Simultaneous Multithreading mencapai 3,4 GHz).

Baca juga: Xbox Series X Meluncur 10 November, Harga Rp 7 Jutaan

Di samping CPU, sektor pengolah grafis (GPU) juga berbeda. Kedua konsol game Xbox ini sebenarnya sama-sama mengandalkan GPU AMD RDNA 2.

Namun, di atas kertas, compute units (CUs) yang dimiliki berikut kekuatan GPU tersebut, berbeda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber The Verge
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X