Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Maps untuk Apple Watch Sudah Bisa Diunduh di App Store

Kompas.com - 10/09/2020, 18:06 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google baru saja meluncurkan kembali aplikasi peta Google Maps di perangkat wearable Apple Watch. Sebelumnya, Google menarik Maps dari Apple Watch pada 2017 lalu.

Kini Google Maps untuk Apple Watch telah diluncurkan kembali di App Store dengan versi 5.52, dan sudah bisa diunduh di App Store melalui tautan berikut ini.

"Saat Anda berada di luar, smartwatch membantu Anda tetap terhubung dan melihat sekilas informasi penting," tulis Google di blog resminya.

"Dengan aplikasi Google Maps untuk Apple Watch, Anda bisa menavigasi dengan mobil, sepeda, sarana publik, atau berjalan kaki secara mudah," lanjut Google.

Baca juga: Realme Watch Resmi, Mirip Apple Watch tapi Jauh Lebih Murah

Para pengguna Apple Watch bisa menavigasi perjalanan menggunakan perangkat jam tangan pintar mereka, ke tempat-tempat yang sebelumnya sudah ditentukan, seperti dari rumah (Home) ke tempat kerja (Work).

Pengguna tidak dapat menambahkan destinasi baru secara langsung melalui Apple Watch. Pengguna hanya bisa membuat destinasi melalui aplikasi Google Maps di iPhone, dan melanjutkan navigasi dengan Apple Watch.

Google Maps di Apple Watch juga mendukung navigasi mobil, sepeda, transportasi umum, atau berjalan kaki. Pengguna juga bisa mengatur moda perjalanan mereka itu secara langsung dari arloji pintar tersebut. 

Google Maps juga bisa menawarkan beberapa saran rute yang bisa digunakan melalui Apple Watch. Setelah pengguna memilih rute mana yang akan digunakan, Apple Watch akan menampilkan panduan sepanjang navigasi.

Baca juga: Akurasi Google Maps di Wilayah Jakarta Naik 22 Persen

Saat melakukan navigasi, Apple Watch juga bisa menampilkan shortcut yang langsung membuka aplikasi.

Meskipun demikian, Google Maps tidak bisa langsung menampilkan peta secara langsung di Apple Watch, tidak seperti Apple Maps. Aplikasi Watch juga sangat bergantung pada kestabilan koneksi dari iPhone pengguna.

Sebelumnya, pada 2017 lalu, perusahaan teknologi besar seperti Google, Amazon, dan eBay mengabaikan ekosistem di Apple Watch. Ketiganya menghentikan dukungan aplikasi buatan masing-masing untuk jam tangan pintar Apple tersebut.

Tidak disebutkan secara pasti apa alasan di balik penghentian dukungan aplikasi masing-masing di ekosistem Apple Watch saat itu.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com