Pesan Teks Panjang Bikin WhatsApp "Crash"? Begini Cara Mengatasinya

Kompas.com - 10/09/2020, 18:42 WIB
Ilustrasi REUTERS/ Dado RuvicIlustrasi

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna WhatsApp di Brasil mengeluh aplikasi mereka menjadi freeze alias macet, setelah menerima pesan.

Pesan teks yang membuat crash aplikasi WhatsApp di smartphone itu oleh akun pembocor WABetaInfo disebut sebagai "pesan menakutkan".

Istilah "pesan menakutkan" itu merujuk pada pesan dengan rangkaian kalimat panjang berupa angka dan karakter asing, sehingga menyebabkan sistem WhatsApp tidak bisa membaca struktur pesan, dan akhirnya mengalami indefinite crash.

Baca juga: Akun WhatsApp Kena Hack? Begini Cara Lapornya

Indefinite crash adalah crash berulang yang terjadi setiap kali pengguna membuka WhatsApp di ponsel. Aplikasi tidak bisa dibuka atau hang, tidak bisa dibuka atau digunakan secara normal.

"Pesan Menakutkan seperti ini sangat berbahaya dan dapat mengganggu kenyamanan pengguna WhatsApp," dikutip KompasTekno dari blog WABetaInfo, Kamis (10/9/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pesan berbahaya yang tersebar di kolom chat WhatsAppWABetaInfo.com Pesan berbahaya yang tersebar di kolom chat WhatsApp
Selain rangkaian pesan panjang dengan karakter aneh-aneh, WhatsApp juga bisa dibuat crash oleh file vCard (kartu kontak digital). Vcard tersebut bisa berisi 100-an kontak dengan masing-masing kontak diberi nama yang panjang dan memakai karakter aneh.

Alih-alih berisi informasi kontak, korban bisa saja menerima vCard yang berisikan kode berbahaya.

Seorang pengguna WhatsApp di forum Reddit mengatakan aplikasi aplikasi WhatsApp Mods (aplikasi yang telah dimodifikasi secara tidak resmi) sudah memiliki proteksi terhadap pesan yang membuat WhatsApp crash ini, mereka menyebutnya dengan "Crashcode Protection".

Namun WhatsApp versi Mods tidak disarankan untuk dipakai pengguna awam, lantaran bukan resmi buatan WhatsApp, sehingga keamanannya tidak terjamin.

Baca juga: Viral Foto Danau Bikin Ponsel Android Crash, Inikah Sebabnya?

Sebagai langkah penanggulangan sementara, pengguna yang menerima pesan seperti itu disarankan memblokir kontak yang mengirim pesan melalui WhatsApp Web. Kemudian atur setting privasi grup menjadi "My Contact atau "My Contact Except...".

Setelah itu, hapus pesan panjang yang dimaksud dari aplikasi WhatsApp.

Apabila WhatsApp sedang tidak tersambung dengan browser web, maka satu-satunya cara untuk mengatasi crash WhatsApp adalah dengan meng-instal ulang aplikasi, yang bisa membuat pesan, foto-foto, dan file di dalamnya ikut hilang.

Untuk menghindari celah keamanan seperti ini, pengguna juga harus segera memperbarui aplikasi dan rutin mencadangkan obrolan WhatsApp minimal seminggu sekali.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber WABetaInfo
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.