Begini Cara Melakukan Factory Reset di Ponsel Android

Kompas.com - 10/09/2020, 20:32 WIB
ilustrasi android user businessinsider.comilustrasi android user

KOMPAS.com - Ketika ponsel sudah digunakan dalam waktu yang cukup lama, pengguna kerap menemukan beberapa masalah pada ponsel.

Mulai dari penuhnya kapasitas memori sistem, hingga berbagai gangguan teknis seperti hang serta aplikasi yang tidak dapat dijalankan secara tiba-tiba.

Jika Anda menjumpai tanda-tanda di atas, maka melakukan factory reset pada ponsel bisa jadi cara yang ampuh untuk mengembalikan keadaan ponsel seperti sedia kala.

Selain itu, factory reset juga bisa dilakukan ketika ponsel akan dijual kembali atau diberikan kepada pengguna lain.

Baca juga: Aplikasi Android di Samsung Galaxy Bisa Dijalankan lewat PC, Begini Caranya

Factory reset adalah proses mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrikan atau kondisi ketika ponsel pertama kali dikeluarkan dari boks.

Artinya, semua data yang tersimpan pada ponsel termasuk akun, aplikasi, musik, gambar, lagu, serta berbagai file lainnya akan dihapus.

Cara factory reset pada ponsel Samsung GalaxyKOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara factory reset pada ponsel Samsung Galaxy

Semua pengaturan ponsel yang telah dilakukan oleh pengguna juga akan dikembalikan seperti sedia kala.

Factory reset juga biasanya dilakukan untuk mengatasi masalah kerusakan pada ponsel Android yang berkaitan dengan software atau sistem operasi.

Dengan melakukan factory reset, seluruh file yang sudah dihapus tidak  dapat dipulihkan.

Lantas, bagaimana cara melakukan factory reset?

Halaman:


Sumber The Verge
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X