Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android 11 Go Meluncur, Dongkrak Performa Ponsel "Pas-pasan"

Kompas.com - 11/09/2020, 09:04 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Android 11 telah resmi meluncur beberapa hari lalu. Tak lama kemudian, Google memperkenalkan Android 11 Go Edition yang merupakan sistem operasi Android 11 versi "ringan".

Sesuai dengan namanya, Android 11 Go Edition diperuntukkan bagi ponsel Android dengan spesifikasi pas-pasan (entry-level) yang biasanya dijual dengan harga murah.

Untuk versi terbaru ini, Google fokus mendongkrak performa kecepatan pengoperasian aplikasi di perangkat. Google mengklaim bahwa Android 11 Go terbarunya ini lebih cepat 20 persen dibandingkan versi sebelumny, Android 10 Go.

Android 11 Go kini mendukung kapasitas RAM hingga 2 GB, naik dari 1,5 GB di versi Android 10. Memberikan pengguna ekstra memori 270 MB sehingga pengguna bisa menjalankan dua atau tiga aplikasi lebih banyak di background.

Baca juga: Samsung Luncurkan Ponsel Android Go Galaxy J2 Core 2020

Android Go 11 yang berjalan di memori RAM 2 GB juga memiliki penyimpanan tambahan hingga 900 MB.

Ada pula fitur Conversation Notifications yang memunculkan percakapan di area notifikasi. Nantinya tampilan pesan masuk di bagian notifikasi akan disesuaikan dengan aplikasinya, seperti e-mail, Instagram, dan juga pembaruan aplikasi.

Fitur ini bertujuan untuk mempermudah pengguna saat berkomunikasi maupun membalas notifikasi yang masuk.

Seperti dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (11/9/2020), Google juga membekali Android 11 Go dengan fitur keamanan bernama One Time Permissions.

Baca juga: Infinix Smart 5 Dirilis, Ponsel Android Go dengan Baterai 5.000 mAh

Dengan fitur ini, pengguna memiliki opsi agar aplikasi hanya dapat mengakses fitur tertentu seperti kamera, mikrofon, dan data lokasi sebanyak satu kali (one time). One Time Permissions pada Android 11 Go juga dianggap dapat membuat ponsel pengguna jauh lebih aman.

Android 11 Go juga memiliki tampilan antarmuka (UI) yang memungkinkan pengguna dapat menavigasi di layar yang lebih luas, untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus dan berpindah ke aplikasi atau halaman lainnya dengan lebih mudah.

Kendati demikian, Google belum menjelaskan secara detail mengenai ponsel apa saja yang akan kebagian pembaruan Android 11 Go ini. Kabarnya, Android 11 Go mulai digelontorkan pada Oktober 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com