Apple Masih Izinkan Pemain "Fortnite" Login Pakai Apple ID

Kompas.com - 11/09/2020, 14:26 WIB
Ilustrasi tombol Sign In with Apple di layanan Epic Games. KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi tombol Sign In with Apple di layanan Epic Games.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Beberapa hari lalu Apple berencana mencabut tombol pintas "Sign In with Apple ID" di game besutan Epic Games, Fortnite. Rencana pencabutan tombol tersebut merupakan buntut dari perselisihan antara Apple dan Epic Games. 

Apabila tombol tersebut dicabut dari Fortnite, maka para pemain game battle royale tersebut tidak lagi bisa menggunakan Apple ID mereka untuk masuk ke dalam permainan.

Hal itu merugikan pemain Fortnite yang selama ini menggunakan Apple ID untuk login. Sebab, mereka juga tidak bisa mengakses seluruh data yang tersimpan di layanan Epic Games, seperti data permainan, data pembelian (in-app purchase).

Namun, Apple tampaknya masih memberi keringanan. Apple masih memberikan izin kepada pemain Fortnite untuk login menggunakan Apple ID sampai waktu yang belum ditentukan.

Awalnya, kebijakan pencabutan tombol pintas "Sign In with Apple ID" tersebut seharusnya berlaku mulai hari ini, Jumat (11/9/2020).

Baca juga: Tombol Sign In Apple ID Dicabut dari Game Fortnite, Akun Pemain Terancam Hilang

Pernyataan tersebut disampaikan pihak Epic Games melalui akun Twitter @FortniteStatus, melanjutkan informasi larangan penggunaan Apple ID sebelumnya diunggah.

Tidak disebutkan apa sebenarnya maksud "perpanjangan" yang disebut Epic di pernyataan ini.

Yang jelas, pihak Apple sendiri, mengatakan bahwa mereka belum melakukan langkah apapun terkait tombol "Sign in with Apple" yang ada di layanan Epic Games.

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Jumat (11/9/2020), meski Apple melunak, Epic Games tetap menganjurkan para pemain yang menggunakan Apple ID agar mengalihkan, atau mencadangkan akun mereka.

Pasalnya, pencopotan login menggunakan Apple ID disebut bisa terjadi kapan saja, mengingat perselisihan antara Epic Games dan Apple yang tampaknya belum menemui titik terang.

Baca juga: Game Fortnite Dihapus dari Android dan Apple iOS

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber The Verge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X