Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Masih Izinkan Pemain "Fortnite" Login Pakai Apple ID

Kompas.com - 11/09/2020, 14:26 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Beberapa hari lalu Apple berencana mencabut tombol pintas "Sign In with Apple ID" di game besutan Epic Games, Fortnite. Rencana pencabutan tombol tersebut merupakan buntut dari perselisihan antara Apple dan Epic Games. 

Apabila tombol tersebut dicabut dari Fortnite, maka para pemain game battle royale tersebut tidak lagi bisa menggunakan Apple ID mereka untuk masuk ke dalam permainan.

Hal itu merugikan pemain Fortnite yang selama ini menggunakan Apple ID untuk login. Sebab, mereka juga tidak bisa mengakses seluruh data yang tersimpan di layanan Epic Games, seperti data permainan, data pembelian (in-app purchase).

Namun, Apple tampaknya masih memberi keringanan. Apple masih memberikan izin kepada pemain Fortnite untuk login menggunakan Apple ID sampai waktu yang belum ditentukan.

Awalnya, kebijakan pencabutan tombol pintas "Sign In with Apple ID" tersebut seharusnya berlaku mulai hari ini, Jumat (11/9/2020).

Baca juga: Tombol Sign In Apple ID Dicabut dari Game Fortnite, Akun Pemain Terancam Hilang

Pernyataan tersebut disampaikan pihak Epic Games melalui akun Twitter @FortniteStatus, melanjutkan informasi larangan penggunaan Apple ID sebelumnya diunggah.

Tidak disebutkan apa sebenarnya maksud "perpanjangan" yang disebut Epic di pernyataan ini.

Yang jelas, pihak Apple sendiri, mengatakan bahwa mereka belum melakukan langkah apapun terkait tombol "Sign in with Apple" yang ada di layanan Epic Games.

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Jumat (11/9/2020), meski Apple melunak, Epic Games tetap menganjurkan para pemain yang menggunakan Apple ID agar mengalihkan, atau mencadangkan akun mereka.

Pasalnya, pencopotan login menggunakan Apple ID disebut bisa terjadi kapan saja, mengingat perselisihan antara Epic Games dan Apple yang tampaknya belum menemui titik terang.

Baca juga: Game Fortnite Dihapus dari Android dan Apple iOS

Cara agar akun tidak hilang

Cara untuk mencadangkan akun Epic Games yang terhubung dengan Apple ID sendiri terbilang cukup mudah.

Pertama-tama, masuk ke situs Epic Games lewat opsi "Sign In with Apple" dan kunjungi halaman pengaturan profil di tautan berikut.

Kemudian, di menu "General", perbarui alamat e-mail Anda dengan meng-klik ikon yang menyerupai pensil, tepat di bawah sub-judul "Account Info". Lalu, jika telah selesai memasukkan alamat e-mail, klik tombol "Confirm".

Selain alamat e-mail, pengguna juga perlu mengganti kata sandi (password) lama dengan yang baru.

Kata sandi bisa diganti dengan mengunjungi menu "Password & Security" di halaman pengaturan akun tadi. Lalu, masukkan password dan klik "Save Changes".

Baca juga: Selain Fortnite, Semua Game Epic Lenyap dari App Store


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com