Cakupan 4G di Indonesia Kurang dari Setengah Keseluruhan Wilayah

Kompas.com - 11/09/2020, 21:39 WIB
Ilustrasi jaringan 5G IstIlustrasi jaringan 5G

KOMPAS.com - Di tengah pandemi ini, teknologi, terutama konektivitas internet, bisa dibilang menjadi semakin penting dan relevan di kehidupan sehari-hari.

Sebab, sebagian besar masyarakat, baik itu karyawan atau siswa di kota maupun desa, dianjurkan untuk melakukan kegiatannya masing-masing dari jarak jauh, alias online.

Meski demikian, hal ini tak sejalan dengan kondisi nyata (riil) terkait ketersediaan jaringan 4G di Tanah Air. Bahkan, secara geografis, lebih dari 50 persen dari keseluruhan wilayah daratan Indonesia belum ter-cover 4G.

Hal tersebut disampaikan oleh Staf Khusus Menteri Kominfo, Dedy Permadi, dalam sebuah webinar bertajuk "Peran Sektor Telekomunkasi dalam Pemulihan Ekonomi Nasional" yang digelar Sekolah Politik Indonesia (SPI), Jumat (11/9/2020) malam.

Baca juga: Masih Ada Kesenjangan 4G antara Kota dan Desa di Indonesia

"Apabila dilihat dari pendekatan geografis, sinyal 4G itu baru menjangkau 49,33 persen dari luas wilayah daratan di Indonesia," ujar Dedy.

Selain pendekatan geografis, Dedy juga mencatat ketersediaan 4G berdasarkan pendekatan administratif. Jika dilihat dari "kaca mata" ini, masih ada belasan ribu desa dan kelurahan yang belum terjangkau jaringan 4G.

Staf Khusus Menteri Kominfo, Dedy Permadi, dalam sebuah webinar bertajuk Peran Sektor Telekomunkasi dalam Pemulihan Ekonomi Nasional yang digelar Sekolah Politik Indonesia (SPI), Jumat (11/9/2020) malam. KOMPAS.com/Bill Clinten Staf Khusus Menteri Kominfo, Dedy Permadi, dalam sebuah webinar bertajuk Peran Sektor Telekomunkasi dalam Pemulihan Ekonomi Nasional yang digelar Sekolah Politik Indonesia (SPI), Jumat (11/9/2020) malam.

"Jika dilihat dari pendekatan administratif, maka dari total 83.218 desa dan keluarahan yang ada di Indonesia, ada sekitar 12.548 desa dan kelurahan yang belum terjangkau sinyal 4G," imbuh Dedy.

Dari 12.548 sendiri, 9.113 desa dan kelurahan berada di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, terluar), sedangkan 3.435 lainnya berada di wilayah non-3T.

Baca juga: BTS Telkomsel di Wilayah Terluar RI Di-upgrade dengan 4G

Dedy melanjutkan, pemerintah sendiri menargetkan bahwa belasan ribu desa dan kelurahan tadi bakal ter-cover 4G sepenuhnya pada 2022 mendatang.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Kominfo bakal turut bekerja sama dengan sejumlah perusahaan telekomunikasi (telko) di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X