Pembuat Game Fortnite Ungkap Hambatan Tembus Asia Tenggara

Kompas.com - 15/09/2020, 16:01 WIB
Logo Epic Games. BusinessInsiderLogo Epic Games.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Pelopor mesin game "Unreal Engine" dan pembuat game Fortnite, Epic Games, mengaku masih kesulitan untuk melebarkan sayap ke pasar Asia Tenggara.

Hal tersebut dihambat oleh beberapa faktor, di antaranya seperti bahasa, konektivitas, sistem pembayaran, dan lain sebagainya yang berbeda di tiap negara.

Setidaknya begitu menurut General Manager Southeast Asia & India, Epic Games, Quentin Staes-Polet, dalam wawancara dengan KompasTekno beberapa pekan lalu.

"Menurut saya, industri game di Asia Tenggara masih sangat fragmented. Karena di kawasan ini ada perbedaan di sisi bahasa, konektivitas, pembayaran, dan beberapa hal lainnya," kata Quentin kepada KompasTekno.

Quentin menjelaskan beragam faktor tersebut bisa menjadi tantangan tersendiri bagi para pembuat (developer) game asing, seperti Epic Games yang berasal dari Amerika Serikat, untuk berkembang

General Manager Southeast Asia & India, Epic Games, Quentin Staes-PoletEpic Games General Manager Southeast Asia & India, Epic Games, Quentin Staes-Polet

Sebab, para pengembang asing ini sejatinya perlu melakukan proses pelokalan atau penerjemahan bahasa antar menu di dalam game, sehingga lebih relevan dengan pengguna di kawasan tersebut. 

Fortnite sendiri saat ini belum mendukung bahasa Indonesia, berikut bahasa negara-negara lainnya di Asia Tenggara, karena Quentin mengaku proses pelokalan tersebut terbilang cukup sulit.

Namun, apabila proses pelokalan bisa dilakukan, pengembang game sejatinya bisa sukses di kawasan yang mereka sambangi.

Quentin lantas mencontohkan pengembang game asal Singapura, Garena, yang ia anggap cukup sukses di Asia Tenggara.

Menurut dia, pembuat game Free Fire ini bisa sukses karena mereka memiliki fokus di kawasan lokal ke negara-negara tetangganya.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X