Cara Menghemat Kuota Internet untuk Menonton Netflix dan Disney Plus

Kompas.com - 15/09/2020, 16:31 WIB
Logo Netflix. Bloomberg/Krisztian BocsiLogo Netflix.

KOMPAS.com - Aneka film dan serial TV yang disediakan  oleh layanan on-demand video streaming menjadi alternatif hiburan yang menarik di kala pandemi.

Namun, apabila dilakukan lewat koneksi seluler, kegiatan menonton video membutuhkan transfer data berjumlah besar yang dapat menguras kuota internet. Penggunaan kuota ini sebenarnya bisa dihemat.

Baca juga: Yang Perlu Diketahui Sebelum Langganan Netflx, Disney Plus, Amazon Prime, HBO, dan Viu

Netflix dan Disney Plus, misalnya, menyediakan opsi untuk mengirit data yang digunakan. Berikut ini caranya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs resmi Netflix dan Disney Plus, Selasa (15/9/2020).

Pengaturan kualitas video di Netflix

Salah satu pelopor layanan on-demand video streaming ini menawarkan empat opsi pengaturan penggunaan data internet yang dapat dipilih, yakni "Rendah", "Sedang", "Tinggi", dan "Otomatis". 

Untuk mengawalinya, buka akun Netflix dari browser dan pilih Profil dari opsi "Profil & Kontrol Orang Tua". Selanjutnya, pengguna bisa memilih opsi Ubah untuk Pengaturan pemutaran.

Opsi Rendah memiliki perkiraan penggunaan data 0,3 GB per jam per perangkat, kemudian opsi Sedang yang diperkirakan dapat menggunakan paket data 0,7 GB per jam per perangkat,

Lalu, opsi Tinggi menggunakan paket data hingga 3 GB per jam untuk HD serta 7 GB per jam untuk Ultra HD. Pengguna tinggal memilih mana yang diinginkan.

Baca juga: Perbandingan Harga Langganan Netflix, Viu, Amazon Prime, dan Disney Plus di Indonesia

Perlu ditambahkan bahwa penggunaan data akan mempengaruhi. Semakin irit penggunaan data, maka kualitas video akan semakin buruk (resolusi lebih rendah), demikian juga sebaliknya

Selain itu, ada juga opsi Otomatis yang akan menampilkan tayangan dengan kualitas terbaik berdasarkan kecepatan koneksi Internet pengguna.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X