Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laptop Layar Ganda Lenovo ThinkBook Plus Resmi Masuk Indonesia, Ini Harganya

Kompas.com - 16/09/2020, 16:31 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan dalam acara Consumer Electronic Show (CES) 2020 Januari lalu, Lenovo akhirnya membawa laptop layar ganda perdana dari seri ThinkBook, yakni ThinkBook Plus ke Indonesia.

Laptop tersebut diluncurkan dalam sebuah acara virtual, Rabu (16/9/2020). ThinkBook Plus ditujukan untuk pengguna generasi muda, yang gemar melakukan multitasking dalam beraktivitas sehari-hari.

"ThinkBook Plus diluncurkan karena studi Lenovo terbaru mengungkapkan bahwa 59 persen pekerja milenial biasa melakukan multitasking saat sedang bekerja," tutur General Manager Lenovo Indonesia, Budi Janto, di panggung acara peluncuran virtual, Rabu (16/9/2020).

Keunggulan ThinkBook Plus terletak di sektor layar. Laptop ini dibekali dengan layar ganda depan-belakang, masing-masing berukuran 13,3 inci (IPS, resolusi full HD, tingkat kecerahan 300 nits) dan 10,8 inci.

Posisi layar 13,3 inci sama dengan laptop kebanyakan, sedangkan layar 10,8 inci diletakkan di balik punggung layar utama.

Baca juga: Intel Umumkan Jajaran Prosesor Tiger Lake Baru untuk Laptop

Layar sekunder yang dijuluki "E-ink Display" bisa digunakan ketika laptop sedang dalam keadaan tertutup, sehingga menyerupai tablet, dan dibuka dengan sudut maksimal 90 derajat. Secara normal, laptop ini sendiri bisa dibentangkan hingga 180 derajat.

E-ink Display di Lenovo ThinkBook Plus yang bisa dipakai untuk mencatat.Lenovo E-ink Display di Lenovo ThinkBook Plus yang bisa dipakai untuk mencatat.
Layar ini juga mampu menerima respon sentuhan (touchscreen). Namun, hanya bisa menampilkan gambar dengan warna hitam putih (monokrom).

Untuk mempermudah pengguna memanfaatkan E-ink Display, Lenovo turut menghadirkan aksesori pena digital bernama Precision Pen yang bisa ditempelkan di bingkai layar laptop.

Dengan pena digital tersebut, pengguna bisa mencatat hal-hal penting di aplikasi OneNote, membaca dan mengulas dokumen PDF, serta merancang beragam sketsa gambar dengan mudah.

Layar yang dilapisi dengan kaca pelindung Gorilla Glass ini juga bisa dipakai untuk menampilkan beragam informasi penting, sehingga pengguna bisa melihatnya tanpa harus repot-repot membuka laptop.

Baca juga: Nvidia Umumkan GPU Laptop GeForce MX450

"Layar E-ink bisa digunakan untuk menampilkan informasi waktu, baterai, notifikasi e-mail, kalender, perkiraan cuaca, wallpaper favorit, dan lain sebagainya, sehingga pengguna bisa tetap fokus," imbuh SMB 4P Manager Lenovo Indonesia, Stefianus Jatiman, di kesempatan yang sama.

Spesifikasi dan harga

Lenovo ThinkBook Plus tampak depan dengan Precision Pen.Lenovo Lenovo ThinkBook Plus tampak depan dengan Precision Pen.

Lenovo ThinkBook Plus hadir dalam satu varian dengan nomor model 20TG005UID. Laptop ini ditenagai dengan prosesor (CPU) Intel Core i7-10510U, pengolah grafis (GPU) terintegrasi Intel UHD Graphics, RAM 16 GB (DDR4), serta SSD 512 GB.

Untuk segi daya, laptop ini mengandalkan baterai berkapasitas 45Wh yang diklaim kuat hingga 10 jam pemakaian normal. Ketika habis, baterainya diklaim bisa terisi sebanyak 80 persen hanya dalam waktu 1 jam.

Fitur lainnya mencakup webcam HD, modul pemindai sidik jari yang disematkan bersama dengan tombol power, teknologi Dolby Audio, Gigabit Intel Wi-Fi 6, Bluetooth 5.0,

Baca juga: Daftar 5 Besar Pabrikan Laptop Global, Siapa Teratas?

Di Tanah Air, ThinkBook Plus hadir dalam satu varian warna, yakni Iron Grey, dan dijual dengan harga Rp 23,9 juta, sudah termasuk aksesori Precision Pen.

Laptop berbobot 1,4 kg dengan dimensi ketebalan sekitar 1,74 cm ini sudah bisa dipesan secara online di sejumlah e-commerce rekanan Lenovo.

Untuk 50 pembeli pertama, Lenovo bakal memberikan bonus berupa satu buah Thinkpad X1 Headphone senilai Rp 2,5 juta, serta layanan garansi premium seharga Rp 2,6 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com