Alasan Lenovo ThinkBook Plus Pakai Layar Sekunder Hitam-Putih

Kompas.com - 16/09/2020, 18:04 WIB
E-ink Display di Lenovo ThinkBook Plus yang bisa dipakai untuk mencatat. LenovoE-ink Display di Lenovo ThinkBook Plus yang bisa dipakai untuk mencatat.

KOMPAS.com - Lenovo resmi memboyong laptop layar ganda (dual screen) perdananya dari keluarga ThinkBook, yakni ThinkBook Plus ke Indonesia lewat sebuah acara peluncuran virtual, Rabu (16/9/2020).

Layar utama laptop berbanderol Rp 23,9 juta ini berukuran 13,3 inci, dengan panel IPS, resolusi Full HD, serta tingkat kecerahan 300 nits.

Sedangkan layar sekundernya, yang memiliki fungsi touchscreen, berdiagonal 10,8 inci dan bisa digunakan untuk membaca dokumen, menulis, hingga menggambar menggunakan aksesori Lenovo Precision Pen.

Layar sekunder itu menggunakan teknologi "E-ink Display", yang hanya menampilkan warna monokrom (hitam-putih). Mengapa demikian?

Baca juga: Laptop Layar Ganda Lenovo ThinkBook Plus Resmi Masuk Indonesia, Ini Harganya

Menurut SMB 4P Manager Lenovo Indonesia, Stefianus Jatiman, layar E-ink Display dipilih guna menghemat daya baterai laptop.

"Salah satu keunggulan menggunakan layar monokrom ini adalah hemat energi. Meskipun layar tersebut memiliki fitur always on, pemakaian dayanya sangat minim sekali dan tidak begitu memengaruhi kinerja (baterai)," ujar Stefianus.

Ia melanjutkan bahwa fitur always on sendiri sejatinya bisa dinonaktifkan melalui pengaturan. Sehingga, apabila pengguna hanya memakai layar utama, daya tahan baterai laptop akan tetap terjaga.

Terkait daya, Stefianus mengklaim ThinkBook Plus, yang memiliki baterai 45Wh, mampu menemani pengguna selama sekitar 10 jam dalam pemakaian normal.

Ketika habis, dayanya disebut bisa diisi sebanyak 80 persen hanya dalam waktu satu jam dengan adapter fast charging 65W.

Punya fungsi spesifik

Layar E-ink Lenovo ThinkBook Plus yang bisa menampilkan gambar statis.Lenovo Layar E-ink Lenovo ThinkBook Plus yang bisa menampilkan gambar statis.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X