Xbox Series S Disebut Lebih Murah tapi Lebih Kencang dari PS5

Kompas.com - 16/09/2020, 20:00 WIB
Wujud konsol Xbox Series S dan game controller UbergizmoWujud konsol Xbox Series S dan game controller

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Microsoft resmi mengumumkan harga dari konsol Xbox Series S. Konsol versi murah pendamping Xbox Series X itu memiliki banderol harga sebesar 299 dollar AS atau setara dengan Rp 4,4 juta.

Meski spesifikasi persisnya masih belum diungkap, belakangan beredar rumor yang yang menyebut bahwa Xbox Series S memiliki kinerja yang lebih unggul dibanding konsol PlayStation 5 ( PS5) besutan Sony.

Harga PS5, menurut informasi terbaru yang beredar, akan dimulai di angka 399 dollar AS (Rp 5,9 juta) untuk versi Digital Edition.

Baca juga: Sony Gelar Acara 17 September, Harga PS5 Bakal Diumumkan?

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Ubergizmo, Rabu (16/9/2020) Xbox Series S kabarnya dibekali dengan prosesor (CPU) yang memiliki kecepatan 3,6 GHz. Angka tersebut unggul tipis (0,1 GHz), dibanding CPU konsol PS5 yang berkecepatan 3,5 GHz.

Dari segi pengolah grafis, Xbox Series S mengandalkan GPU AMD RDNA 2 dengan 20 Compute Units (CU) 1,565 GHz. Kemampuan komputasinya mencapai 4 TFLOPs. Spesifikasi lain mencakup RAM 10 GB, serta output hingga 1440p (60 fps) dan frame rate 120 fps.

Kendati terkesan powerful, Microsoft memangkas sejumlah fitur dari Xbox Series S untuk menekan harganya.Konsol ini tidak dilengkapi dengan slot/drive cakram optik, sehingga pemain hanya bisa membeli game versi digital melalui Xbox Games Store.

Baca juga: Selisih Harga Rp 3 Juta, Ini Bedanya Xbox Series X dan Series S

Xbox Series S juga hanya dibekali dengan kapasitas penyimpanan sebesar 512 GB yang terbilang kecil, mengingat pemain hanya bisa memainkan game versi digital yang ukurannya bisa mencapai ratusan GB per judul.

Menurut kabar lain, kapasitas penyimpanan itu masih bisa diperluas dengan expansion card berkapasitas 1 TB yang harganya 220 dollar AS (sekitar Rp 3,3 juta), atau hanya berselisih 79 dollar AS (sekitar Rp 1,2 juta) dari konsolnya sendiri.



Sumber Ubergizmo
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X