Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Akan Kirim Kamera 8K ke Mars, Tiba 2025

Kompas.com - 17/09/2020, 11:22 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Jepang berencana mengirimkan kamera dengan resolusi 8K ke ruang angkasa.
Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) dan perusahaan penyiaran NHK mengembangkan kamera 4K dan 8K untuk membidik gambar Mars dan dua satelitnya, Phobos dan Deimos

Kedua kamera yang dikirim lewat misi Martian Moons Exploration (MMX) ini akan menangkap gambar Mars dan satelitnya secara reguler lalu mengirimkannya sebagian ke Bumi untuk menciptakan gambar dengan detail yang tinggi.

Baca juga: Google Maps Punya Efek Pindah Planet Ala Star Wars

Misi tersebut juga akan membantu visualisasi perilaku pesawat ruang angkasa dengan menggabungkan informasi dari kamera dengan data penerbangan. Pihak JAXA mengatakan, kumpulan data ini akan membantu mengoperasikan pesawat ruang angkasa.

Pesawat ruang angkasa yang akan ditugaskan untuk menjalankan misi MMX rencananya akan diluncurkan di Jepang pada tahun fiskal 2024 dan akan mencapai planet Mars tahun 2025. Kapsul pesawat akan beroperasi cukup lama sampai akhirnya kembali mendarat di Bumi.

Baca juga: Yuk, Jelajahi Planet Mars dari PC atau Gadget

Dirangkum KompasTekno dari Engadget, Kamis (17/9/2020), MMX tidak hanya memberikan hasil jepretan dengan detail planet Mars saja, tapi juga permukaan daratan di Phobos.

Para peneliti juga dikabarkan akan kondisi Mars di masa lampau dan saat ini. Selain itu, rekaman berkualitas 8K juga akan menjadi "harta karun" bagi NHK.

Sebab, mereka memiliki hal siar atas konten berkualitas tinggi yang tidak dimiliki perusahaan media lainnya. Penjelasan tentang misi MMX oleh JAXA dan NHK ini bisa disimak di video berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com