Google Drive Hapus File yang Tersimpan di Folder Sampah 30 Hari

Kompas.com - 17/09/2020, 13:03 WIB
Aplikasi Google Drive di Play Store. KOMPAS.com/Bill ClintenAplikasi Google Drive di Play Store.

KOMPAS.com - Mulai Oktober, Google akan secara otomatis menghapus file-file di folder Trash (Sampah) Google Drive, setelah tersimpan selama 30 hari.

Selama ini, pengguna hanya bisa menghapus permanen file-file yang tersimpan di folder trash secara manual.

"Mulai 13 Oktober 2020, kami mengubah kebijakan penyimpanan untuk item yang tersimpan di Sampah di Google Drive. Dengan kebijakan ini, file apa pun yang tersimpan di sana akan otomatis dihapus setelah 30 hari," tulis Google.

File-file yang disimpan di Sampah biasanya adalah file yang dihapus sementara dari beranda Google Drive. Karena masih tersimpan, walaupun hanya sementara, file tersebut masih memakan memori di Google Drive.

Baca juga: Cara Bersih-bersih Google Drive Agar Tidak Perlu Bayar

Pengguna masih bisa memulihkan (restore) file di Sampah ke posisi semula apabila masih ingin digunakan. Google juga menjelaskan, untuk file-file yang saat ini masih tersimpan hingga 13 Oktober mendatang masih aman.

Namun, 30 hari setelah 13 Oktober, file-file itu akan dihapus otomatis dan berlaku seterusnya.

Tidak ada salahnya untuk kembali mengecek file yang tersimpan di folder Sampah, barangkali masih ada yang ingn dipulihkan. Cara memulihkannya adalah, klik kanan file yang dipilih kemudian klik "pulihkan".

Seperti dikatakan sebelumnya, file akan kembali ke posisi semula, sebelum dibuang ke Sampah.

Dirangkum KompasTekno dari 9to5Google, Drive kini sinkron dengan Gmail dan layanan Google lainnya, untuk memastikan perilaku pengguna konsisten dan terprediksi untuk produk-produk G Suite.

Baca juga: Mozilla Luncurkan Layanan Firefox Send Pesaing Google Drive

Mulai hari ini, Google akan memunculkan notifikasi di dalam aplikasi untuk memberi tahu kebijakan ini di pesan dokumen, spreadsheet, slide, dll hingga tanggal 29 September. Ada beberapa catatan untuk pengguna enterprise.

Admin masih bisa memulihkan file di Sampah hingga 25 hari untuk pengguna aktif. Aturan penyimpanan yang diatur admin Google Vault, tidak terdampak kebijakan ini, kecuali aturan yang dibuat sudah kadaluwarsa.

Informasi selengkapnya bisa dilihat di laman berikut. Perubahan kebijakan ini akan berlaku di perangkat dan platform mana pun. File yang dihapus lewat Drive File Stream akan dihapus dari sistem Sampah setelah 30 hari.

Kemudian, kebijakan ini tidak akan mempengaruhi fitur pencadangan dan sinkronisasi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X