Google Meet Bisa Buramkan Latar Belakang saat Video Call

Kompas.com - 17/09/2020, 19:14 WIB
Ilustrasi Google Meet techradar.comIlustrasi Google Meet

KOMPAS.com - Selama masa work from home berlaku, aplikasi video conference menjadi pilihan bagi banyak orang untuk berkoordinasi dengan rekan kerja maupun kerabat. Salah satu aplikasi yang umum digunakan adalah Google Meet.

Aplikasi Google Meet kini memiliki fitur terbaru yang memungkinkan penggunanya dapat mengubah latar belakang tampilan menjadi blur alias buram saat melakukan konferensi video.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna cukup mengklik ikon tiga titik yang berada di sudut kanan bawah, lalu pilih "More", dan klik opsi "Blurred Background" untuk menyalakan dan menonaktifkan fungsi tersebut.

Namun, Google memperingatkan bahwa fitur ini dapat memperlambat perangkat. Sehingga, pengguna disarankan untuk menonaktifkan fitur ini apabila sudah tidak digunakan atau ingin menjalankan aplikasi lainnya secara bersamaan.

Untuk sementara, fitur ini baru tersedia bagi aplikasi Google Meet versi untuk perangkat Windows, dan Mac. Kedepannya, Google akan menghadirkan fitur ini untuk aplikasi Google Meet versi mobile dan Chrome OS.

Baca juga: Google Meet Punya Fitur Keamanan Pencegah Zoombombing

Selain fitur untuk memburamkan latar belakang, Google Meet juga mendapat pembaruan layout.

Google Meet kini  sanggup menampung hingga 49 peserta dan menampilkan semua peserta dalam satu halaman sekaligus. Pembaruan ini hadir untuk Google Meet versi web yang bisa diakses melalui peramban.

Google Meet versi web menampung banyak peserta sekaligus dengan tampilan bergaya tiles dan orientasi landscape. Masing-masing bingkai video ditampilkan dengan sudut persegi panjang, seperti terlihat dalam gambar di bawah ini.

Tampilan layout Google MeetGadgetsNDTV Tampilan layout Google Meet
Selain itu, pengguna juga dapat mengubah tampilan layout menjadi ukuran yang lebih kecil mulai dari sembilan hingga 16 peserta dalam satu frame.

Lewat fitur ini, pengguna dapat melihat keseluruhan partisipan tanpa harus repot berganti halaman.

Dihimpun KompasTekno dari Gadgets NDTV, Kamis (17/9/2020), dengan begitu fitur ini akan mempermudah pengguna untuk melihat reaksi semua partisipan terhadap apa yang sedang dibahas ketika rapat berlangsung.

Baca juga: Cara Mudah Menggunakan Google Meet di Smartphone dan PC

Meski sudah bertambah banyak, jumlah peserta maksimal di Google Meet masih berada di bawah kompetitor seperti Zoom yang sanggup menangani 100 peserta sekaligus.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X