Sempat Diam-diam Hilang, Instagram Lite Kembali Dirilis

Kompas.com - 18/09/2020, 08:05 WIB
Tangkapan layar Instagram Lite di Google Play Store Google Play StoreTangkapan layar Instagram Lite di Google Play Store

KOMPAS.com - Bulan Mei lalu, Instagram Lite secara diam-diam hilang dari Google Play Store. Empat bulan berselang, Instagram versi ringan ini "dihidupkan" lagi oleh induknya, Facebook.

Aplikasi Instagram Lite terbaru versi APK kembali digelontorkan, namun, bukan melalui toko aplikasi resmi Google Play Store.

Pada 9 September lalu file APK Instagram Lite v215 muncul di situs APK Mirror. Kemudian pembaruannya yakni v216 menyusul pada 16 September.

Salah satu file disebut diketahui diunggah dari wilayah Brasil, sementara file lainnya diunggah dari Amerika Serikat atau dari negara lain.

Jika dilihat, angka versi pembaruan aplikasinya sudah cukup jauh dari yang pernah muncul pada 24 Oktober 2019 lalu.

Saat itu, Instagram Lite yang tersedia adalah versi v67. Kendati demikian, secara kesuluruhan pengalaman aplikasinya masih sama seperti sebelumnya.

Baca juga: Instagram Bakal Bisa Pasang Link yang Bisa Diklik di Caption, Berbayar?

Ukuran file aplikasi masih jauh lebh kecil dibanding aplikasi Instagram reguler. Sebagai perbandingan, saat diluncurkan, Instagram Lite berukuran di bawah 2 MB, sementara aplikasi Instagram reguler berukuran 32 Mb.

Karena lebih ringan, beberapa fitur Instagram reguler tidak hadir di versi Lite. Salah satu fitur yang absen adalah Instagram Stories.

Namun, fitur pokok seperti feed, direct message, unggah kiriman, notifikasi, bookmark, dan eksplore masih tetap ada.

Konten yang diunggah berupa video juga bisa dilihat dan akan terputar otomatis secara default. Cuplikan IGTV juga tetap muncul di feed dan bisa ditonton selengkapnya dengan mengetuk ikon IGTV di sisi bawah video, sama seperti Instagram reguler.

Instagram Lite versi terbaru yang muncul kembali setelah hilang di Play Store bulan Mei lalu.Android police Instagram Lite versi terbaru yang muncul kembali setelah hilang di Play Store bulan Mei lalu.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X