Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iOS 14 dan iPadOS 14 Sudah Bisa Diunduh, Begini Caranya

Kompas.com - 18/09/2020, 09:19 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Digit

KOMPAS.com - Setelah sempat meluncurkan iOS 14 versi awal atau "public beta" pada Agustus lalu, Apple pekan ini akhirnya resmi menggelontorkan iOS 14 versi final.

Sebelumnya, iOS 14 telah lebih dulu diperkenalkan di gelaran Worldwide Developer Conference (WWDC) pada bulan Juni lalu. Kini update iOS 14 sudah dapat diunduh untuk pengguna umum di perangkat iPhone dan iPod Touch.

Kehadiran iOS 14 membawa sejumlah fitur-fitur baru dan peningkatan yang sebelumnya tidak dimiliki oleh iOS 13. Beberapa di antaranya adalah fitur yang sebelumnya telah lama hadir pada sistem operasi Android.

Misalnya kehadiran Widget pada layar homescreen iPhone, fitur App Library, App Clips, fitur Translate untuk menerjemahkan, fitur penyedia rute perjalanan, Picture-in-picture, dan fitur Wind Down Mode.

Baca juga: 7 Fitur Baru iOS 14 yang Sudah Ada di Android Sejak Lama

iOS 14 bisa berjalan di semua iPhone yang menjalankan iOS 13. Itu artinya, pemilik iPhone dari generasi iPhone 6s hingga iPhone SE 2020 bisa melakukan update ke iOS 14.

Adapun daftar perangkat yang kebagian iOS 14 terdiri dari iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone SE (1st generation), iPhone SE (2nd generation), iPod touch (7th generation), iPhone 7, dan iPhone 7 Plus.

Selanjutnya ada iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11, Pro Max, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, dan iPhone X.

Cara mengunduh iOS 14 dan iPad OS 14

Berikut merupakan langkah-langkah mengunduh pembaruan sistem operasi di iPhone dan iPad, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Digit.in, Jumat (18/7/2020).

1. Buka menu Settings dan pilih opsi General
2. Kemudian klik Software Update
3. Sistem akan menampilkan penjelasan singkat seputar update sistem operasi tersebut. Lanjutkan dengan klik Download and Install
4. Perangkat akan mulai mengunduh pembaruan sistem. Tunggu hingga proses unduh dan pemasangan selesai

Baca juga: Apple Rilis iOS 12.4.7 untuk iPhone dan iPad Jadul

Selain iOS 14, pengguna perangkat tablet iPad juga dapat menjajal sistem operasi baru untuk tablet iPad, yakni iPadOS 14. Pembaruan tersebut membawa perubahan antarmuka untuk perangkat iPad dan peningkatan performa Apple Pencil.

Pengguna juga dapat mengatur aplikasi e-mail dan browser yang dikehendaki untuk digunakan sebagai aplikasi default. Selain itu, iPadOS 14 juga memungkinkan pengguna menggunakan aplikasi ketiga untuk sejumlah fitur.

iPadOS 14 telah tersedia dan memiliki langkah instalasi yang serupa dengan iOS 14. Perangkat yang bisa menjalankannya adalah iPad Pro, iPad generasi kelima, iPad generasi keenam, iPad generasi ketujuh, iPad Mini 4, iPad Mini 5 iPad Air 2, dan iPad Air (generasi ketiga).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Digit


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com