Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Salah Arti, Ini Bedanya Jaringan 5G dengan WiFi 5G

Kompas.com - 18/09/2020, 12:11 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber howtogeek

KOMPAS.com - Smartphone dengan teknologi jaringan 5G, kini semakin banyak diproduksi oleh para vendor ponsel pintar. Teknologi yang lebih kencang dari jaringan 4G itu pun semakin banyak diadopsi oleh sejumlah negara. 

Namun, sebutan "5G" ternyata tidak hanya disematkan pada jaringan generasi kelima. WiFi pun ada yang disebut sebagai "WiFi 5G". Lantas, apa bedanya dengan jaringan seluler 5G?

Teknologi jaringan 5G yang terdapat di sejumlah smartphone masa kini merupakan standar jaringan seluler terbaru. Dalam hal ini, "5G" artinya "generasi kelima", sebagaimana teknologi tersebut hadir sebagai penerus dari teknologi 4G.

Teknologi 5G dirancang lebih cepat dan memiliki latensi lebih rendah daripada 4G LTE. Smartphone 5G pertama meluncur di tahun 2019. Selain itu, jaringan 5G disebut-sebut akan menjadi penunjang penting bagi perangkat Internet of Things (IoT).

Baca juga: Daftar 10 Negara dengan Koneksi 5G Terkencang, Siapa Juaranya?

Meskipun 5G telah menjadi standar baru, teknologi ini tidak ada hubungannya dengan WiFi 5G. WiFi 5G malah sudah lebih dulu hadir sebelum kemunculan jaringan 5G. Bahkan, ponsel 4G pun nyatanya ada yang sudah mendukung WiFi 5G.

Berbeda dengan jaringan seluler 5G, embel-embel "5G" dalam WiFi 5G bukanlah teknologi generasi kelima. Melainkan kependekan dari "5 Ghz".

5 Ghz adalah salah satu dari dua pita frekuensi yang digunakan oleh WiFi. Selain 5 Ghz, pita frekuensi lainnya adalah 2,4 Ghz.

Pita frekuensi 5 GHz sudah mulai digunakan pada WiFi dengan standar 802.11n sejak 2009 lalu dan masih digunakan hingga saat ini.

WiFi 5 GHz bisa mentransmisikan data dengan lebih cepat. Namun, jangkauannya lebih pendek dan kurang efektif jika digunakan untuk menembus ruangan berlapis tembok tebal.

Baca juga: Jangan Taruh Router WiFi di Dekat Microwave, Ini Alasannya

Sebaliknya, WiFi 2,4 GHz memiliki kecepatan transmisi data yang lebih lambat. Namun, panjang gelombang pita frekuensi ini memiliki jangkauan yang lebih luas dan lebih andal untuk menembus dinding tebal. 

Kendati berbeda, sebuah smartphone bisa memiliki fitur 5G dan WiFI 5G secara bersamaan. Ponsel bisa mendukung jaringan 5G apabila sudah dibekali dengan chip modem, berikut antena, yang bisa menerima sinyal tersebut.

Sedangkan, fitur WiFi 5G sendiri saat ini memang sudah banyak dibenamkan pada smartphone. 

Mengapa disebut WiFi 5G?

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari HowToGeek, Jumat (18/9/2020), istilah WiFi 5G sendiri merupakan istilah tidak resmi yang sudah marak digunakan sejak jaringan seluler 3G dan 4G mendominasi.

Baca juga: Deretan Smartphone 5G yang Akan Dirilis Tahun Ini

Orang-orang menyebut WiFi 5 GHz sebagai WiFi 5G untuk mempermudah penyebutan. Namun, seiring berjalannya waktu, kemunculan teknologi seluler 5G membuat istilah "WiFi 5G" seringkali memunculkan kesalahpahaman.

Jadi, jika Anda menemukan keterangan "5G" di belakang kata "WiFi", maka dapat dipastikan bahwa artinya adalah WiFi 5 Ghz dan bukanlah teknologi jaringan seluler 5G.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber howtogeek


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com