Selamat Tinggal Nintendo 3DS

Kompas.com - 18/09/2020, 13:07 WIB
Ilustrasi perangkat konsol genggam Nintendo 3DS NintendoIlustrasi perangkat konsol genggam Nintendo 3DS

KOMPAS.com -  Nintendo 3DS adalah salah satu konsol ikonik dari pabrikan asal Jepang tersebut. Perangkat game hand-held yang terdiri dari beberapa model ini memiliki ciri khas berupa dua layar yang dibuka-tutup dengan mekanisme lipatseperti laptop.

Kini tiba saatnya mengucapkan selamat tinggal untuk 3DS. Pasalnya, produksi semua konsol dari keluarga 3DS sudah dihentikan oleh pihak Nintendo. Laman Nintendo Jepang pun mencantumkan keterangan bahwa konsol-konsol tersebut sudah "out of production".

Baca juga: Nintendo Siapkan Gimbot Edisi 35 Tahun Super Mario Bros

"Manufaktur keluarga sistem Nintendo 3DS sudah dihentikan. Game 3DS dari Nintendo atau pihak ketiga masih akan tersedia di Nintendo eShop, Nintendo.com, dan toko-toko ritel," ujar juru bicara Nintendo kepada Polygon, seperti dihimpun KompasTekno, Jumat (18/9/2020).

Kiprah Nintendo 3DS selama hampir 10 tahun pun berakhir sudah. Konsol ini pertama kali diperkenalkan pada ajang pameran game, E3, pada 2010, kemudian resmi diluncurkan di bulan Februari tahun berikutnya.

Seiring waktu, anggota keluarga Nintendo 3DS pun bertambah banyak dengan kemunculan model-model lain untuk mengakomodir berbagai kebutuhan gamer, seperti Nintendo seri 2DS yang ditujukan sebagai versi lebih terjangkau.

Baca juga: Penjualan Switch Lampaui Konsol Nintendo Lawas

3DS sendiri merupakan penerus dari Nintendo DS yang mempelopori konsep dua layar di konsol hand-held dan diproduksi antara thaun 2004 hingga 2013.

Kabar soal penghentian produksi 3DS sebenarnya tidak mengejutkan karena posisinya sudah tergantikan oleh konsol Switch yang meluncur pada 2017. Nintendo pun belakangan sudah tidak merinci penjualan hardware dan software 3DS dalam laporan keuangan per kuartal.

Pada laporan tahun fiskal yang berakhir pada 31 Maret lalu, Nintendo mengumumkan angka penjualan keluarga konsol 3DS sepanjang masa, yakni sebanyak  75,7 juta unit, berikut 383,1 juta kopi game. Tidak ada proyeksi untuk penjualan di masa mendatang.



Sumber Polygon
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X