Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Tinggal Nintendo 3DS

Kompas.com - 18/09/2020, 13:07 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Polygon

KOMPAS.com - Nintendo 3DS adalah salah satu konsol ikonik dari pabrikan asal Jepang tersebut. Perangkat game hand-held yang terdiri dari beberapa model ini memiliki ciri khas berupa dua layar yang dibuka-tutup dengan mekanisme lipatseperti laptop.

Kini tiba saatnya mengucapkan selamat tinggal untuk 3DS. Pasalnya, produksi semua konsol dari keluarga 3DS sudah dihentikan oleh pihak Nintendo. Laman Nintendo Jepang pun mencantumkan keterangan bahwa konsol-konsol tersebut sudah "out of production".

Baca juga: Nintendo Siapkan Gimbot Edisi 35 Tahun Super Mario Bros

"Manufaktur keluarga sistem Nintendo 3DS sudah dihentikan. Game 3DS dari Nintendo atau pihak ketiga masih akan tersedia di Nintendo eShop, Nintendo.com, dan toko-toko ritel," ujar juru bicara Nintendo kepada Polygon, seperti dihimpun KompasTekno, Jumat (18/9/2020).

Kiprah Nintendo 3DS selama hampir 10 tahun pun berakhir sudah. Konsol ini pertama kali diperkenalkan pada ajang pameran game, E3, pada 2010, kemudian resmi diluncurkan di bulan Februari tahun berikutnya.

Seiring waktu, anggota keluarga Nintendo 3DS pun bertambah banyak dengan kemunculan model-model lain untuk mengakomodir berbagai kebutuhan gamer, seperti Nintendo seri 2DS yang ditujukan sebagai versi lebih terjangkau.

Baca juga: Penjualan Switch Lampaui Konsol Nintendo Lawas

3DS sendiri merupakan penerus dari Nintendo DS yang mempelopori konsep dua layar di konsol hand-held dan diproduksi antara thaun 2004 hingga 2013.

Kabar soal penghentian produksi 3DS sebenarnya tidak mengejutkan karena posisinya sudah tergantikan oleh konsol Switch yang meluncur pada 2017. Nintendo pun belakangan sudah tidak merinci penjualan hardware dan software 3DS dalam laporan keuangan per kuartal.

Pada laporan tahun fiskal yang berakhir pada 31 Maret lalu, Nintendo mengumumkan angka penjualan keluarga konsol 3DS sepanjang masa, yakni sebanyak  75,7 juta unit, berikut 383,1 juta kopi game. Tidak ada proyeksi untuk penjualan di masa mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Polygon


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com