"Mulan" Film yang Paling Banyak Dibajak di Internet

Kompas.com - 18/09/2020, 20:05 WIB
Aktris Liu Yifei dalam Live Action Mulan (2020) DisneyAktris Liu Yifei dalam Live Action Mulan (2020)

KOMPAS.com -  Film remake live-action Mulan menjadi film yang paling banyak dibajak di internet setelah pertama kali ditayangkan pada Sabtu (5/9/2020) di layanan streaming Disney Plus.

Satu jam setelah premiere online di Disney Plus, file bajakan Mulan sudah beredar di internet. Satu setengah minggu kemudian, jutaan orang diestimasi telah mengunduh dah men-streaming secara ilegal film tersebut.

Situs iknowwhatyoudownload membuat daftar lima empat yang paling banyak diunduh dalam kurun satu minggu. Hasilnya, Mulan diunduh sebanyak 890.995 kali di hari pertama penayangannya.

Baca juga: Cara Menghemat Kuota Internet untuk Menonton Netflix dan Disney Plus

Jumlah tersebut 900 persen lebih tinggi dibandingkan film urutan kedua yang paling banyak diunduh, yakniThe Owners dengan 98.977 unduhan. Jumlah ini berdasarkan data dari pelacak torrent publik.

Jumlah unduhan film Mulan di Torrent iknowwhatyoudownload.com. Jumlah unduhan film Mulan di Torrent
Jumlah ini pun dipastikan akan terus bertambah, mengingat file torrent Mulan masih banyak beredar, dan banyaknya penyedia tayangan streaming bajakan.

Baca juga: Netflix Vs Disney Plus, Mana yang Lebih Irit Kuota Data?

Sejumlah alasan yang membuat Mulan begitu banyak dibajak antara lain, Disney menarik biaya tambahan bagi mereka yang ingin menonton film ini.

Pelanggan harus membayar biaya tambahan 29,99 dollar AS (sekitar Rp 427.000), selain harga berlangganan bulanan Disney Plus yang sebesar 6,99 dollar AS (Rp 103.115).

Selain itu, dikutip KompasTekno dari Torrenfreak, Jumat (18/9/2020), sejumlah negara juga melarang peredaran film Mulan, sehingga orang-orang menjadi penasaran dan mencarinya secara ilegal, salah satunya melalui torrent.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X