Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Sebut PS5 Bisa Jalankan Hampir Semua Game PS4

Kompas.com - 19/09/2020, 07:47 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Sebagai konsol next-gen, PlayStation 5 ( PS5) ikut dibekali dengan kemampuan memainkan game PS4 (backward compatibility). CEO Sony Interactive Entertainment, Jim Ryan menyebut Sony sudah menguji "ribuan" game PS4 di PS5.

Menurut dia, hampir semua atau "99" persen dari game yang diujikan tersebut ternyata bisa berjalan di konsol PS5. Sebelumnya, pada Maret lalu, Sony memang sudah menyatakan bahwa "mayoritas" game PS4 bakal dapaat dimainkan di konsol generasi berikutnya.

Baca juga: Sony Pastikan PS5 Bakal Masuk Indonesia

"PS4 sudah memiliki 100 juta pemain. Kami rasa mereka juga akan mau memainkan game PS4 di PS5, maka kami menambahkan kompatibilitas dengan PS4," sebut Ryan dalam sebuah wawancara dengan Famitsu.

Sony nantinya akan menyediakan 18 judul game PS4 yang dapat diakses secara gratis di PS5 melalui layanan berlangganan PlayStation Plus Collection.

Dihimpun KompasTekno dari The Verge, Sabtu (19/9/2020), deretan game PS4 tersebut antar alain terdiri dari God of War, Final Fantasy XV, Battlefield 1, The Last of Us Remastered, Mortal Kombat X, Uncharted 4: A Thief's End, dan Resident Evil: Biohazard.

Baca juga: Game PS4 Bisa Dimainkan di PS5, Begini Caranya

PlayStation Plus Collection akan tersedia pada 12 November, bersamaan dengan waktu peluncuran PS5 di di Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Meksiko, Australia, Selandia Baru, dan Korea Selatan

Selain di luar belasan judul game tersebut, Ryan masih belum mengungkap judul-judul game PS4 lain yang nantinya dapat didukung oleh fitur backward compatibility ini. Saat ini tercatat ada sebanyak lebih dari 2.000 judul game yang tersedia untuk konsol PS4.

Backward compatibilty PS5 sendiri berhenti pada PS4. Konsol tersebut sudah dipastikan tidak bisa menjalankan game untuk konsol-konsol yang lebih lawas, yakni PS3 hingga PS1.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com