Bug di iOS 14, Pengguna iPhone Tak Bisa Ganti Browser dan E-mail "Default"

Kompas.com - 19/09/2020, 14:08 WIB
Ilustrasi iOS 14 berjalan di iPhone. 9to5MacIlustrasi iOS 14 berjalan di iPhone.

KOMPAS.com - Apple mulai merilis sistem operasi (OS) iOS 14 dan iPadOS 14 secara publik ke seluruh perangkat yang mendukung.

Lewat OS versi teranyar ini, pengguna iPhone dan iPad bisa mengganti aplikasi peramban ( browser) dan e-mail bawaan (Safari dan Mail) ke aplikasi besutan pihak ketiga (third party), seperti Chrome, Edge, Gmail, Outlook, dan lain sebagainya.

Meski demikian, fitur tersebut, menurut sejumlah keluhan yang tersiar di Twitter, dilaporkan dilanda masalah ( bug) dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya, sehari setelah iOS 14 dirilis.

Baca juga: iOS 14 dan iPadOS 14 Sudah Bisa Diunduh, Begini Caranya

Beberapa pengguna, seperti Lee Peterson (@ljpuk) dan Yash Thakrar (@yashthakrar1996), mengaku bahwa iOS 14 bakal mengembalikan aplikasi browser dan e-mail utama ke Safari dan Mail secara otomatis, meski sudah diganti ke aplikasi lain.

Masalah ini muncul ketika perangkat dinyalakan ulang (restart). Artinya, mereka harus kembali mengubah aplikasi peramban dan e-mail utama pihak ketiga pilihan masing-masing, secara berulang kali di menu pengaturan (Settings), kecuali perangkat tidak dimatikan.

 

Apple sendiri telah mengetahui masalah ini dan mengonfirmasi bahwa pihaknya bakal memperbaiki bug tersebut dalam pembaruan (update) sistem.

"Kami menyadari bahwa ada sebuah masalah yang mempengaruhi pengaturan pemilihan browser dan e-mail utama di iOS 14 dan iPadOS 14," kata pihak Apple dalam sebuah pernyaataan yang dilansir CNET dan dikutip KompasTekno, Sabtu (19/9/2020).

Baca juga: iOS 14 Resmi Meluncur, Punya Widget dan Laci Aplikasi

"Masalah tersebut akan kami perbaiki dan tersedia bagi pengguna (iOS 14 dan iPadOS 14) melalui pembaruan sistem," imbuh pihak Apple.

Kendati demikian, tidak disebutkan kapan pembaruan itu bakal tersedia dan disebarkan ke pengguna.

Belum diketahui juga apakah bug ini melanda seluruh perangkat yang mendukung iOS 14 dan iPadOS 14 atau tidak. Yang jelas, bug ini ditemui oleh sejumlah pengguna iPhone yang sudah diperbarui dengan iOS 14.



Sumber CNET
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X