Cerita Pembuat Game "Fall Guys", Dapat Inspirasi dari "Benteng Takeshi"

Kompas.com - 20/09/2020, 18:10 WIB
Ilustrasi game Fall Guys: Ultimate Knockout CriticalHitIlustrasi game Fall Guys: Ultimate Knockout

KOMPAS.com - Sejak kemunculannya pada awal Agustus lalu, game battle royale Fall Guys: Ultimate Knockout langsung digandrungi pemain. Tercatat sebanyak lebih dari 7 juta kopi game telah diunduh melalui layanan PS Plus dan Steam.

Namun, kesuksesan yang dialami Mediatonic selaku pembuat Fall Guys nyatanya tidak diraih dalam waktu singkat, melainkan lewat perjalanan panjang selama 15 tahun.

Studio game asal Inggris ini bermula pada September 2005. Dua pendiri Mediatonic, yakni Dave Bailey dan Paul Croft, awalnya hanya membuka studio yang menerima order pembuatan game web sederhana berbasis Flash.

Lambat laun, keduanya mulai merambah ke platform lain hingga akhirnya menciptakan 130 game berbasis mobile, Facebook, konsol, hingga PC.

"Kami berkembang dari yang awalnya membuat game Flash, menjadi pembuat game di MySpace, Facebook, dan perlahan-lahan merambah ke platform konsol dan iPhone," kata Paul Croft kepada PC Gamer, seperti dihimpun KompasTekno, Minggu (20/9/2020).

Baca juga: Fall Guys: Ultimate Knockout, Game Battle Royale Kocak yang Naik Daun

Sukses mulai diraih lewat beberapa judul game, seperti Amateur Surgeon (2008) yang mengisahkan keinginan seorang pengantar pizza menjadi dokter bedah. Game online tersebut berhasil meraih 100 juta pemain.

Mediatonic kemudian semakin berkembang dan mendapat kesempatan untuk bekerja sama dengan sejumlah publisher ternama, seperti Sega, Nickelodeon, Disney, hingga Namco Bandai Games.

Pengalaman membuat aneka game web yang sederhana dibawa dan ditanamkan di Fall Guys. Croft mengatakan bahwa salah satu kunci bagi studionya dalam membuat game yang mudah diakrabi segala tipe pemain adalah humor.

"Game juga harus bisa lekas dimengerti tanpa membaca instruksi apapun. Banyak dari ide-ide awal ini yang dibawa ke Fall Guys. Tiap kami coba mendesain game untuk audiens yang luas, prinsip-prinsip tersebut kembali diterapkan," ujar Croft.

Ratusan GIF Benteng Takeshi

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber PC Gamer
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X