Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mozilla Tutup Firefox Send, Layanan Berbagi File Pesaing Google Drive

Kompas.com - 21/09/2020, 08:15 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada Maret 2019 lalu, Mozilla meluncurkan layanan file-transfer Firefox Send. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk berbagi file dalam ukuran besar, serupa dengan Google Drive atau Dropbox.

Namun, meski usianya baru satu tahun, Mozilla memutuskan untuk menutup layanan ini. Tidak hanya Firefox Send, satu layanan lainnya yakni Firefox Note juga ditutup.

Hal itu diumumkan langsung oleh Mozilla melalui blog resminya. Mozilla mengatakan, layanan Firefox Send ditutup karena kerap disalahgunakan untuk mengirim malware dan melakukan serangan Spear phishing.

Sementara Firefox Notes ditutup karena sejak awal layanan ini merupakan eksperimen Mozilla. Layanan ini akan dihentikan pada November mendatang.

"Hari ini (17/9/2020), kami mengumumkan bahwa dua layanan kami, Firefox Send dan Firefox Notes telah berhenti. Kedua layanan ini akan segera dinonaktifkan dan tidak lagi menjadi bagian dari rangkaian produk kami," tulis Mozilla dalam blog resminya.

Baca juga: Mozilla Mem-PHK 250 Karyawan akibat Covid-19

Spear phishing adalah metode untuk mencuri informasi sensitif seperti username dan password dengan cara mengelabui korban.

Spear Phishing biasanya menggunakan cara dengan menyebarkan e-mail yang seolah dari rekan atau organisasi yang telah kita kenal sebelumnya.

Ketika pertama kali diluncurkan, Firefox Send sendiri disebut sebagai layanan yang aman karena dibekali dengan end-to-end encryption. Dengan fitur keamanan ini, file yang dikirim tidak akan bisa diakses oleh siapapun kecuali oleh izin pengunggah.

Dengan ditutupnya layanan Firefox Send dan Firefox Notes, Mozilla nampaknya akan fokus mengembangkan layanan Mozilla VPN.

Mozilla VPN dirilis pada Agustus lalu dan sudah bisa digunakan oleh pengguna Windows 10, Android, dan iOS tanpa harus memasang browser Firefox. Ketersediaan di MacOS dan Linux disebut bakal menyusul di kemudian hari.

Baca juga: Mozilla Rilis Aplikasi VPN Berlangganan

Untuk menikmati layanan VPN dari Mozilla ini, pengguna harus berlangganan dengan merogoh kocek 5 dollar AS atau sekitar Rp 73.000 per bulan.

Kendati resmi dirilis, layanan tersebut saat ini hanya tersedia di enam negara saja, mencakup Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Selandia Baru, Singapura, dan Malaysia, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Senin (21/9/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com