YouTube Versi Gratis di iOS 14 Tak Bisa "Picture-in-Picture"

Kompas.com - 22/09/2020, 11:57 WIB
Ilustrasi iOS 14 Mac RumorsIlustrasi iOS 14
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Pengguna iPhone yang sudah memasang update sistem operasi iOS 14 tidak bisa mengakses fitur Picture in Picture saat membuka YouTube. Fitur ini kabarnya memang tak tersedia untuk pengguna gratisan, melainkan hanya untuk pelanggan YouTube Premium.

Picture in Picture adalah fitur baru di iPhone iOS 14, dimana pengguna iPhone bisa nonton video dan membuka aplikasi lainnya secara bersamaan. Fitur ini awalnya didukung oleh YouTube versi web lewat akses dari peraman Safari di iOS 14.

Pengguna tinggal memutar video dalam mode layar penuh, lalu kembali ke Homescreen, video pun akan terus diputar secara melayang di atas atau bawah dalam jendela kecil. Sambil menonton video, pengguna bisa membuka aplikasi lain seperti Notes atau mungkin WhatsApp.

Baca juga: YouTube Rilis Shorts, Fitur Video Pendek Pesaing TikTok

Namun, setelah sepekan iOS 14 meluncur untuk pengguna umum, YouTube.com di browser Safari berhenti mendukung fitur Picture in Picture.

Ilustrasi fitur Picture-in-Picture YouTube di iOS 14Apple Ilustrasi fitur Picture-in-Picture YouTube di iOS 14
Dihimpun KompasTekno dari MakeMac, Selasa (22/9/2020), awalnya ada trik untuk tetap menonton YouTube di Safari iOS 14 dengan mode Picture in Picture, yaitu mengatur tampilan ke Desktop Mode pada Safari saat membuka YouTube.

Sekarang trik tersebut sudah tidak dapat digunakan. Picture in Picture hanya dapat berjalan dengan normal ketika menggunakan akun YouTube Premium di Safari iOS 14, tanpa perlu mengatur ke Desktop Mode.

Adapun aplikasi YouTube for iOS hingga sekarang belum mendukung mode Picture in Picture meskipun sudah login ke akun YouTube Premium. Belum diketahui kapan fitur ini bakal hadir di aplikasi YouTube.

Baca juga: Bug di iOS 14, Pengguna iPhone Tak Bisa Ganti Browser dan E-mail Default

Untuk pengguna gratis, mungkin wajar jika YouTube mematikan fitur Picture in Picture, baik di aplikasi atau web. Sebab, video Picture in Picture tidak menampilkan iklan dan bisa berjalan di latar belakang. Dua hal ini adalah bagian dari kelebihan yang ditawarkan YouTube Premium.

Di Indonesia, langganan YouTube Premium dikenakan biaya sebesar Rp 59.000 per bulan. YouTube menawarkan trial gratis selama satu bulan bagi pengguna baru.

=====
Artikel ini telah tayang di MakeMac.com (situs sindikasi berita KompasTekno), dengan judul Fitur Picture in Picture di YouTube Web iOS 14 Dibatasi untuk Akun Premium.



Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X