Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Main Game "Among Us" dengan Teman, Offline dan Online

Kompas.com - 22/09/2020, 20:45 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Game simulasi besutan InnerSloth berjudul Among Us kini mendadak tengah ramai dimainkan oleh sejumlah pengguna.

Berkat beberapa gamer di Youtube, forum Reddit, media sosial, dan beberapa kanal lainnya, popularitas game yang dirilis 2018 itu terus meroket, terlebih di tengah pandemi dan ketersediaannya di smartphone yang bisa diunduh secara cuma-cuma.

Selain bisa dimainkan secara online bersama pengguna lainnya, game ini ternyata bisa dimainkan bersama teman Anda secara offline (Local Area Network/LAN) atau tanpa koneksi internet.

Baca juga: Apa Itu Game Among Us dan Kenapa Bisa Populer?

Meski demikian, seluruh pemain, termasuk Anda, harus berada dalam satu jaringan hotspot atau WiFi yang sama. Lantas, bagaimana cara memainkan game ini beramai-ramai dengan kerabat Anda? Yuk, simak caranya berikut!

Main secara lokal lewat jaringan WiFi

Cara main Among Us sama teman via koneksi lokal.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara main Among Us sama teman via koneksi lokal.

Untuk bermain secara LAN, Buka game Among Us dan langsung pilih menu "Local" di tampilan utama. Kemudian, masukkan nama Anda di kolom teratas dan klik tombol "Create Game".

Setelah itu, pemain akan dipindahkan ke dalam semacam ruangan tunggu (waiting room).

Di sini, sang pembuat ruangan (host) bisa meng-klik ikon "Customize" untuk mempercantik karakter dengan warna favorit, topi, binatang peliharaan (pet), peta, dan berbagai aturan di dalam game.

Bagi teman Anda yang ingin masuk ke ruangan yang telah Anda buat, mereka cukup masuk ke game Among Us, pilih menu "Local", dan klik ruangan yang terdaftar di dalam kolom "Available Games".

Perlu dicatat, pastikan kembali Anda dan kerabat Anda menggunakan jaringan hotspot/WiFi yang sama. Kalau tidak, maka teman Anda tidak bisa menemukan ruangan yang telah dibuat tadi.

Main sama teman via internet

Cara main Among Us sama teman via koneksi internet atau dari jarak jauh.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara main Among Us sama teman via koneksi internet atau dari jarak jauh.

Kalau Anda dan teman Anda tidak bisa berkumpul dalam satu jaringan WiFi, mungkin karena larangan di masa pandemi, jangan khawatir. Sebab, Among Us juga bisa dimainkan secara jarak jauh alias online dengan kerabat Anda.

Baca juga: Cara dan Aturan Main Game Among Us yang Merusak Pertemanan

Caranya cukup mudah, pertama-tama, masuk ke game Among Us dan klik menu "Online". Lalu, pilih server yang Anda inginkan, bisa Asia, Amerika Utara, atau Eropa.

Ada baiknya untuk bermain di server Asia. Pasalnya, semakin jauh server dengan tempat tinggal kita, maka koneksi internet kemungkinan besar akan terganggu/semakin lambat pula.

Setelah memilih server, klik tombol "Create Game". Di tampilan berikutnya, pilih salah satu dari tiga tempat (map) yang tersedia, berikut jumlah impostor, pengaturan chat, dan jumlah pemain. Lalu, klik tombol "Confirm".

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com