Qualcomm Perkenalkan Snapdragon 750G, Chipset 5G untuk Ponsel Kelas Menengah

Kompas.com - 23/09/2020, 12:10 WIB

KOMPAS.com - Qualcomm resmi mengumumkan kehadiran chipset terbarunya, Snapdragon 750G. Chipset ini dibuat untuk menunjang kinerja gaming dan mendukung jaringan 5G.

Chipset ini dirilis untuk smartphone kelas menengah ke atas. Snapdragon 750G memiliki dua inti (core) Cortex A-77 2,2GHz dan enam Cortex-A55 1,8Ghz.

Snapdragon 750G diklaim membawa peningkatan performa dari pendahulunya, yakni Snapdragon 730G.

Snapdragon 750G menggunakan GPU Adreno 619 yang diklaim membawa peningkatan kinerja sebesar 10 persen dari generasi sebelumnya.

CPU yang digunakan adalah Kryo 570 yang diklaim memiliki performa 20 persen lebih baik ketimbang Kryo 470 pada Snapdragon 730G.

Baca juga: Qualcomm Umumkan Chipset Snapdragon 8cx Generasi Kedua untuk Laptop

"Kami selalu mencari cara untuk mendukung kebutuhan mitra OEM yang terus meningkat. Snapdragon 750G memberikan pilihan ke pengguna secara lebih luas," kata Vice President of Product Management Qualcomm Technlogies, Kedar Kondap.

Chipset ini dibuat dengan fabrikasi 8 nm sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Anandtech, Rabu (23/9/2020). Modem 5G yang digunakan adalah Snapdragon X52, sama seperti pada Snapdragon 765G.

Qualcomm sendiri mengklaim sudah ada sekitar 140 model ponsel 5G dengan chipset Snapdragon dari seri 7.

Perangkat yang ditenagai Snapdragon 750G ini konon akan tersedia di pasar mulai akhir tahun 2020 ini.

Baca juga: Qualcomm Siapkan Chip Snapdragon untuk Ponsel 5G Murah di 2021

Dari keterangan resmi yang diterima KompasTekno, meski belum diketahui merek dan model ponsel pertama yang dibekali Snapdragon 750G, Xiaomi sudah menyatakan komitmennya untuk menggunakan chipset ini di ponsel 5G berikutnya.

"Xiaomi berkomitmen mengembangkan perangkat dalam menjawab permintaan konsumen akan teknologi 5G," ungkap Quanxin Wang, General Manager Product and Technology Xiaomi International.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AnandTech
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.