Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penampakan Detail Ukuran PS5 yang Lebih Bongsor dari PS4 Pro

Kompas.com - 23/09/2020, 16:10 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Meski Sony sudah mengungkap sejumlah informasi penting terkait PlayStation 5 (PS5), belum diketahui secara pasti berapa besar ukuran fisik dari konsol next-gen ini.

Namun, sebuah sertifikat yang diterbitkan otoritas telelomunikasi Taiwan, NCC, baru-baru ini menyertakan rangkaian gambar dari konsol PS5. Gambar-gambar tersebut menunjukan ukuran dan wujud konsol dari segala sisi.

Perbandingan ukuran dimensi dari PS5 Standard Edition, PS5 Digital Edition, PS4 Pro, PS4 reguler, dan PS4 SlimCompare Sizes Perbandingan ukuran dimensi dari PS5 Standard Edition, PS5 Digital Edition, PS4 Pro, PS4 reguler, dan PS4 Slim
Berdasarkan informasi yang tertera dalam sertifikasi tersebut, PS5 Standard Edition memiliki dimensi sebesar 390 mm x 260 mm x 104mm dengan bobot 4,5 kg.

Ukuran PS5 tersebut tergolong cukup besar, meskipun dibandingkan dengan PS4 Pro yang merupakan varian terbesar dari PS4. PS4 Pro berukuran 327 x 295 x 55 mm dengan bobot 3,3 kg.

Sama seperti PS5 versi standar, PS5 Digital Edition juga mempunyai ukuran yang serupa, namun, sedikit lebih ramping.

Hal ini disebabkan karena konsol versi digital tersebut tidak dibekali dengan laci (drive) cakram Blu-ray fisik.

Baca juga: Resmi, Ini Harga dan Jadwal Kehadiran PlayStation 5

Dengan ukuran bodi yang cukup besar, PS5 nampaknya memang dirancang untuk diletakkan dalam posisi berdiri (vertikal). Alhasil, pengguna tidak membutuhkan ruang berlebih untuk menaruh konsol ini.

Kesan "bongsor" yang melekat pada PS5 semakin terlihat, terlebih ketika disandingkan dengan TV berukuran 30 inci. Bahkan jika dibandingkan dengan Xbox Series X, ukuran PS5 terlihat lebih tinggi.

Perbandingan tinggi TV berukuran 30, 42, dan 50 inci dengan konsol PS5 dan Xbox Series XTwitter/keisawada Perbandingan tinggi TV berukuran 30, 42, dan 50 inci dengan konsol PS5 dan Xbox Series X
Sebelumnya, Vice President of UX Design PlayStation, Matt MacLaurin sempat membeberkan alasan mengapa PS5 harus dirancang dengan ukuran yang besar.

"Itu menyangkut masalah suhu. Generasi terbaru ini bisa dibilang merupakan sebuah komputer kecil," ujar Matt.

Untuk menangani panas yang ditimbulkan, maka ukuran konsol dibuat lebih bongsor.

"Meski (chip) dengan proses fabrikasi 7nm memiliki kinerja yang baik, tenaga yang dihasilkan juga cukup besar," lanjut Matt.

Baca juga: Sony Ungkap Harga Stik PS5 jika Dibeli Terpisah

PS5 ketika diletakkan secara horizontalTaiwan NCC PS5 ketika diletakkan secara horizontal
Tidak banyak informasi lain yang disertakan pada dokumen tersebut, kecuali beberapa gambar mengenai ukuran controller DualSense dan kabel yang tertera pada boks PS5.

Padahal, banyak pengguna yang menantikan gambaran dari slot NVMe yang kabarnya akan ada pada PS5.

Beberapa waktu lalu, Sony telah mengumumkan bahwa kapasitas media penyimpanan PS5 dapat diperluas dengan SSD tambahan.

Meski demikian, perusahaan teknologi asal Jepang itu masih belum memberikan detail lengkap dari cara kerja penggunaan SSD tambahan tersebut.

Baca juga: Pre-order PS5 Kacau, Sony Minta Maaf

Dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (23/9/2020), diduga bahwa pengguna dapat memasukan SSD tersebut dengan melepas satu panel yang tertera pada sisi samping PS5.

PS5 versi "reguler" memiliki banderol harga sebesar 499 dollar AS atau senilai Rp 7,3 juta. Sementara untuk PS5 versi digital, Sony mematok harga yang lebih terjangkau, yakni 399 dollar AS (Rp 5,9 juta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com