Penampakan Detail Ukuran PS5 yang Lebih Bongsor dari PS4 Pro

Kompas.com - 23/09/2020, 16:10 WIB
Sisi samping pada konsol PS5 Taiwan NCCSisi samping pada konsol PS5

KOMPAS.com - Meski Sony sudah mengungkap sejumlah informasi penting terkait PlayStation 5 ( PS5), belum diketahui secara pasti berapa besar ukuran fisik dari konsol next-gen ini.

Namun, sebuah sertifikat yang diterbitkan otoritas telelomunikasi Taiwan, NCC, baru-baru ini menyertakan rangkaian gambar dari konsol PS5. Gambar-gambar tersebut menunjukan ukuran dan wujud konsol dari segala sisi.

Perbandingan ukuran dimensi dari PS5 Standard Edition, PS5 Digital Edition, PS4 Pro, PS4 reguler, dan PS4 SlimCompare Sizes Perbandingan ukuran dimensi dari PS5 Standard Edition, PS5 Digital Edition, PS4 Pro, PS4 reguler, dan PS4 Slim
Berdasarkan informasi yang tertera dalam sertifikasi tersebut, PS5 Standard Edition memiliki dimensi sebesar 390 mm x 260 mm x 104mm dengan bobot 4,5 kg.

Ukuran PS5 tersebut tergolong cukup besar, meskipun dibandingkan dengan PS4 Pro yang merupakan varian terbesar dari PS4. PS4 Pro berukuran 327 x 295 x 55 mm dengan bobot 3,3 kg.

Sama seperti PS5 versi standar, PS5 Digital Edition juga mempunyai ukuran yang serupa, namun, sedikit lebih ramping.

Hal ini disebabkan karena konsol versi digital tersebut tidak dibekali dengan laci (drive) cakram Blu-ray fisik.

Baca juga: Resmi, Ini Harga dan Jadwal Kehadiran PlayStation 5

Dengan ukuran bodi yang cukup besar, PS5 nampaknya memang dirancang untuk diletakkan dalam posisi berdiri (vertikal). Alhasil, pengguna tidak membutuhkan ruang berlebih untuk menaruh konsol ini.

Kesan "bongsor" yang melekat pada PS5 semakin terlihat, terlebih ketika disandingkan dengan TV berukuran 30 inci. Bahkan jika dibandingkan dengan Xbox Series X, ukuran PS5 terlihat lebih tinggi.

Perbandingan tinggi TV berukuran 30, 42, dan 50 inci dengan konsol PS5 dan Xbox Series XTwitter/keisawada Perbandingan tinggi TV berukuran 30, 42, dan 50 inci dengan konsol PS5 dan Xbox Series X
Sebelumnya, Vice President of UX Design PlayStation, Matt MacLaurin sempat membeberkan alasan mengapa PS5 harus dirancang dengan ukuran yang besar.

"Itu menyangkut masalah suhu. Generasi terbaru ini bisa dibilang merupakan sebuah komputer kecil," ujar Matt.

Halaman:


Sumber The Verge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X