"Fall Guys" Jadi Game PS Plus yang Paling Banyak Diunduh

Kompas.com - 25/09/2020, 13:45 WIB
Ilustrasi game Fall Guys: Ultimate Knockout. TheVergeIlustrasi game Fall Guys: Ultimate Knockout.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Pada Agustus lalu, Sony menggratiskan game menggemaskan dengan nuansa battle royale, Fall Guys: Ultimate Knockout, untuk pelanggan layanan PlayStation Plus ( PS Plus).

Tak lama setelah digratiskan, game besutan Mediatonic tersebut viral dan ramai dimainkan oleh banyak pengguna, terutama mereka yang memiliki konsol PlayStation 4 ( PS4).

Berdasarkan informasi dari akun resmi PlayStation di Twitter, Fall Guys berhasil menyabet predikat sebagai game PS Plus yang paling banyak diunduh sepanjang masa.

Tidak disebutkan berapa jumlah unduhan yang berhasil diraup Fall Guys. Namun, sebuah laporan yang mengklaim bahwa unduhan game itu sudah mencapai angka 8 juta pada pertengahan Agustus.

Terlepas dari itu, menarik melihat game sekelas Fall Guys, yang bisa dibilang game "ringan", mampu mengalahkan beberapa game "berat" bikinan para studio besar, salah satunya Call of Duty: Modern Warfare Remastered.

Baca juga: Cerita Pembuat Game Fall Guys, Dapat Inspirasi dari Benteng Takeshi

Sebelum Fall Guys, game first-person shooter (FPS) besutan Activision tersebut merupakan game PS Plus yang paling banyak diunduh, diikuti dengan Shadow of the Colossus, Call of Duty: Black Ops 3, Destiny 2, dan Sonic Forces.

Selain PS4, Fall Guys juga turut populer di platform PC. Lewat ketersediaannya di platform distribusi game Steam, game yang dirilis Devolver Digital tersebut pada akhir Agustus lalu diklaim telah terjual sebanyak 7 juta kopi.

Perlu dicatat, angka unduhan Fall Guys ini, baik versi PS4 maupun PC, dicatat pada bulan Agustus lalu. Sehingga, ada kemungkinan angkanya bisa lebih tinggi dari itu pada saat berita ini ditulis.

Terlepas dari itu, langkah Sony untuk menggratiskan game ringan macam Fall Guys sendiri sebenarnya sempat dilakukan beberapa tahun lalu.

Baca juga: Ini Spesifikasi PC untuk Main Game Fall Guys: Ultimate Knockout

Pada 2015, misalnya, Sony menggratiskan game olahraga sepak bola ikonik besutan Psyonix yang menyulap pemainnya menjadi mobil, yakni Rocket League.

Kala itu, popularitas game tersebut meroket dan bahkan kini dipertandingkan dalam beberapa ajang turname e-sports, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Jumat (25/9/2020).



Sumber The Verge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X