Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Siapkan Fitur Foto dan Video yang Bisa Terhapus Otomatis

Kompas.com - 25/09/2020, 15:26 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain pesan teks yang bisa terhapus sendiri, WhatsApp belakangan dikabarkan turut menyiapkan fitur untuk menghapus konten media seperti foto, video, dan animasi GIF secara otomatis.

Keberadaan fitur bernama "Expiring Media" itu diungkap oleh situs WABetaInfo yang mengatakan bahwa WhatsApp akan menambahkannya ke aplikasi beta versi 2.20.201.1.

Baca juga: Satu Akun WhatsApp Bakal Nyambung ke 4 Perangkat Tanpa Internet?

Nantinya, fitur ini bakal bisa diaktifkan lewat tombol khusus di kolom penulisan caption untuk gambar yang hendak dikirim. Foto atau video yang terkirim kemudian akan terhapus secara otomatis saat lawan bicara meninggalkan jendela chatsetelah melihatnya.

Sebuah penanda khusus dibubuhkan ke gambar untuk memberitahukan penerima bahwa media tersebut bakal terhapus secara otomatis. 

WhatsApp terlihat menawarkan tombol khusus untuk memungkinkan pengguna mengaktifkan fitur Expiring Media
WaBetainfo WhatsApp terlihat menawarkan tombol khusus untuk memungkinkan pengguna mengaktifkan fitur Expiring Media
Disebutkan pula bahwa tidak ada opsi timer untuk mengatur waktu penghapusan, karena gambar benar-benar akan menghilang tanpa jejak saat keluar dari chat. Tak ada pesan berbunyi "This media is expired" seperti jika pesan dihapus ecara manual.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gadgets360, Kamis (24/9/2020), mekanisme itu mirip dengan fitur serupa di Instagram.

Bedanya, konten yang terhapus otomatis di Instagram berlaku untuk percakapan di grup, sementara Expiring Media WhatsApp adalah untuk percakapan pribadi.

Baca juga: WhatsApp Uji Coba Fitur Pesan Terhapus Otomatis Mirip Telegram

Belum diketahui kapan fitur Expiring Media akan mulai disalurkan ke aplikasi WhatsApp. Bulan lalu, layanan pesan instan ini juga diketahui sedang menyiapkan "Expiring Messages" fitur pesan teks yang bisa terhapus otomatis setelah jangka waktu tertentu.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com