Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Durasi Video di Instagram Reels Diperpanjang, Sekarang Bisa 30 Detik

Kompas.com - 27/09/2020, 18:05 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Pada Agustus lalu, Instagram resmi meluncurkan fitur baru bernama Reels secara global di lebih dari 50 negara. Alih-alih berdiri sendiri sebagai aplikasi terpisah, Reels disematkan di dalam Instagram Camera.

Unggahan video di Reels awalnya dibatasi hanya paling lama 15 detik. Namun kini, lewat sebuah update, Instagram memperpanjang durasi video yang bisa diunggah hingga maksimal 30 detik.

Selain itu, Instagram turut memperpanjang timer dari tadinya 3 detik menjadi 10 detik. Nantinya, Pengguna juga bisa memotong dan menghapus klip agar proses editing menjadi lebih mudah.

Baca juga: Instagram Reels Resmi Meluncur di 50 Negara, Siap Saingi TikTok

Product Director Reels, Tessa Lyons-Laing, mengatakan bahwa sejumlah perubahan yang diterapkan ke Reels dalam waktu hanya sebulan setelah peluncurannya itu dilakukan berdasarkan feedback dari pengguna.

"Update ini akan mempermudah proses kreasi dan editing," ujar Lyons-Laing dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Minggu (27/9/2020).

Meski sudah diperpanjang, durasi maksimal video di Insagram masih berada di bawah TikTok yang menawarkan hingga 60 detik.

Seperti TikTok yang berusaha disainginya, Reels dapat dipakai mengunggah video pendek bdengan beragam elemen hiburan sepert musik latar belakang, pengaturan tingkat kecepatan video, hingga aneka efek unik lainnya.

Baca juga: CEO Instagram Kecam Perlakuan Pemerintah AS terhadap TikTok

Setelah membekali video dengan musik dan efek, pengguna pun bisa langsung membagikannya ke pengguna lain lewat Instagram Stories.

Seperti halnya sebuah Instagram Stories, Reels akan hilang setelah 24 jam tayang. Namun, pengguna dapat menyimpan Reels yang mereka ciptakan ke dalam Highlights.

Reels sendiri saat ini telah mulai digulirkan secara bertahap bagi pengguna Instagram (Android dan iOS) di sekitar 50 negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Australia, India, dan beberapa negara lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com