iOS 14 Bikin Pinterest Pecahkan Rekor Download Terbanyak

Kompas.com - 28/09/2020, 16:01 WIB
Ilustrasi aplikasi Pinterest cnet.comIlustrasi aplikasi Pinterest
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Pekan lalu, Apple resmi menggelontorkan iOS 14 versi final untuk perangkat iPhone yang kompatibel. Kehadiran iOS 14 ternyata turut membawa pengaruh besar bagi aplikasi Pinterest.

Menurut data firma riset Apptopia, Pinterest mencetak rekor download harian terbanyak sebesar 616.000 instalasi baru di seluruh dunia pada 21 September. Pinterest pun masuk 10 besar aplikasi terpopuler di App Store pada akhir pekan lalu.

Tingginya jumlah unduhan aplikasi Pinterest di iOS bukanlah tanpa alasan. Para pengguna iPhone rupanya menggunakan aplikasi Pinterest untuk mencari inspirasi dan melihat cara mengatur tampilan home screen agar terlihat lebih menarik dengan widget dan wallpaper.

Baca juga: iOS 14 dan iPadOS 14 Sudah Bisa Diunduh, Begini Caranya

iOS 14 memang menambahkan widget dan fitur lain seperti custom shorcut untuk aplikasi sehingga pengguna iOS bisa lebih bebas mengatur tampilan home screen, tak lagi kaku hanya berisi ikon aplikasi seperti sebelumnya.

Saking antusiasnya, halaman beranda pada Pinterest sempat diramaikan dengan unggahan dari tampilan homescreen pengguna iPhone yang memenuhi kolom "Daily Inspiration",

Halaman pencarian pada aplikasi Pinteresttechcrunch.com Halaman pencarian pada aplikasi Pinterest

Dalam kolom tersebut, pengguna dapat melihat kumpulan referensi tangkapan layar home screen dan tampilan widget di iOS 14 dengan desain yang estetik.

Juru bicara Pinterest mengatakan bahwa memang terjadi peningkatan di mana banyak pengguna iPhone yang menelusuri home screen iOS 14 melalui kolom pencarian.

Baca juga: Apple Rilis iOS 14.0.1, E-mail dan Browser Default Kini Bisa Diganti

"Ada peningkatan penelusuran untuk wallpaper iOS 14 dan desain layar depan pada minggu ini. Mereka rata-rata adalah Generasi Z," kata sang juru bicara seperti dihimpun KompasTekno dari Tech Crunch, Minggu (27/9/2020).

 

Fitur Widget iOS 14androidcentral.com Fitur Widget iOS 14

 

Fitur widget pada iOS 14 juga menjadi perbincangan warganet melalui media sosial Twitter. Banyak yang menyambut baik adanya fitur widget di layar home screen tersebut.

"Fitur di iOS 14 ini adalah yang terbaik. Layar beranda saya terlihat lebih mulus dan bersih. Terima kasih Apple," tulis akun @CarlosH75354938.

Fitur widget sudah hadir di Android sejak bertahun-tahun yang lalu, namun baru kali ini saja hadir di iPhone lewat update iOS 14.  Pengguna iPhone dapat memasang dua kolom widget di layar. Jika dikehendaki, bisa juga widget tidak dipasang sama sekali.

Baca juga: Google Rilis Keen, Aplikasi Pin Foto Pesaing Pinterest

Widget bisa ditemukan dengan cara mengusap layar ke kiri. Ada widget yang cukup lebar dan memenuhi layar, namun ada juga opsi widget yang berukuran lebih kecil. Apple juga menyediakan galeri khusus berisi aneka widget yang bisa dipilih oleh pengguna.

 



Sumber TechCrunch
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X