Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Teknologi MWC 2021 Diundur hingga Akhir Juni

Kompas.com - 28/09/2020, 19:21 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Penyelenggara pameran teknologi tahunan Mobile World Congress (MWC) memutuskan untuk menunda gelaran MWC 2021 Barcelona hingga pertengahan tahun depan. Keputusan tersebut diambil karena pandemi Covid-19 yang belum usai.

MWC 2021 akan digelar pada akhir Juni atau awal Juli 2021 mendatang di Fira de Barcelona, Spanyol. Biasanya, pameran teknologi berskala global ini dilakukan pada akhir Februari setiap tahun.

Acara tersebut nantinya akan tetap dilakukan secara tatap muka, namun, dengan jumlah peserta yang lebih dibatasi. Jumlah peserta yang hadir tidak akan lebih dari 110.000 orang.

Menurut Mats Granryd, direktur jenderal GSMA, selain acara fisik MWC 2021 juga akan digelar secara virtual. GSMA sendiri merupakan asosiasi industri yang menjadi tuan rumah MWC.

"Acara ini tetap akan digelar secara fisik. Namun, juga akan memiliki bagian virtual yang lebih besar," kata Mats Granryd.

Baca juga: MWC 2020 Batal Digelar karena Wabah Virus Corona

Meski MWC 2021 Barcelona diundur, penyelenggara mempercepat penyelenggaraan MWC di China tahun depan.

MWC 2021 yang digelar di Shanghai akan dilaksanakan pada 23 - 25 Februari 2021, bertukar kalendar dengan MWC Barcelona. Sebagai informasi, setiap tahun, GSMA menggelar dua kali MWC di dua tempat berbeda yakni kota Barcelona dan Shanghai.

Sebelumnya, ajang MWC 2020 Barcelona yang seharusnya digelar pada Februari lalu juga dibatalkan.

Hal ini diumumkan oleh penyelenggaranya, GSMA, yang mengatakan bahwa pembatalan MWC 2020 dilatarbelakangi wabah virus corona.

"Kekhawatiran global tentang wabah virus corona, pembatasan perjalanan, dan keadaan lain membuat GSMA tidak bisa menyelenggarakannya," ujar asosiasi operator seluler global itu dalam sebuah pernyataan kala itu.

Baca juga: MWC 2020 Batal, Barcelona Rugi Rp 7 Triliun

Dirangkum KompasTekno dari Reuters, Minggu (27/9/2020), pembatalan MWC 2020 ini menyebabkan Barcelona kehilangan pemasukan yang ditaksir mencapai 492 juta euro (sekitar Rp 7,3 triliun).

Fira de Barcelona yang menjadi tempat pameran juga kehilangan pendapatan. Setiap tahunnya, mereka mendapatkan 30 persen dari total anggaran MWC yang mencapai 215 juta euro (sekitar Rp 3 triliun).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com