Inikah Ponsel Pertama Samsung dengan 5 Kamera Belakang?

Kompas.com - 29/09/2020, 08:02 WIB
Ilustrasi Samsung User reuters.comIlustrasi Samsung User

KOMPAS.com - Samsung disebut tengah mempersiapkan sebuah smartphone baru yang memiliki lima kamera belakang. Smartphone tersebut kabarnya akan masuk dalam lini Galaxy A.

Menurut laporan media asal Korea Selatan, The Elec, ponsel ini konon akan diberi nama Galaxy A72 dan masuk dalam kategori menengah atas. Sumber dalam industri mengatakan Galaxy A72 ditargetkan meluncur pada paruh pertama 2021 mendatang.

Menurut sumber, ponsel tersebut akan memiliki konfigurasi kamera belakang 64 MP, kamera ultra-wide 12 MP, telefoto 8 MP dengan 3x zoom optis, makro 5 MP, dan depth sensor 5 MP.

Baca juga: Samsung Umumkan Galaxy S20 FE, Harga Rp 10 Juta

Galaxy A72 kabarnya akan mengusung kamera selfie tunggal dengan konfigurasi yang sama dengan pendahulunya, yakni 32 MP. Selain itu, Samsung diprediksi akan membekali Galaxy A72 dengan fitur OIS.

Jika bocoran tersebut benar, maka Galaxy A72 akan menjadi ponsel pertama buatan Samsung yang memiliki lima kamera belakang.

Selain kamera belakang, belum diketahui secara pasti seperti apa spesifikasi lainnya. Namun, Galaxy A72 diduga akan membawa spesifikasi yang mirip dengan Galaxy A71.

Sebagai informasi, Galaxy A71 yang dirilis beberapa bulan lalu mengusung sebanyak empat kamera di bagian belakang.

Samsung tampaknya sengaja membawa fitur ini sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan smartphone dari segi Galaxy A, sekaligus sebagai langkah dalam mengantisipasi penurunan penjualan smartphone flagship yang terjadi di tengah pandemi.

Baca juga: Samsung Buat Film 8K dengan Smartphone Galaxy S20 dan Note 20

Dengan membawa penta-camera (lima kamera belakang), Samsung digadang-gadang akan lebih siap dalam bersaing dengan vendor smartphone lainnya. Ponsel dengan lima kamera belakang sendiri sejatinya bukanlah hal baru.

Beberapa vendor seperti Huawei dan Xiaomi telah terlebih dahulu mengadopsi inovasi serupa pada smartphone flagship besutannya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (29/9/2020).

Meski demikian, Samsung sendiri belum mengeluarkan pernyataan terkait keberadaan smartphone dengan lima kamera belakang tersebut.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X