Kode Pemrograman Asli Windows XP Bocor dan Bisa Diakses Publik

Kompas.com - 29/09/2020, 08:44 WIB
Windows XP. IstimewaWindows XP.

KOMPAS.com - Meski sudah berumur lebih dari 20 tahun dan dukungannya sudah disetop, sistem operasi (OS) ikonik besutan Microsoft, Windows XP masih jadi sasaran peretas dan pihak yang tak bertanggung jawab.

Pasalnya, baru-baru ini seorang pengguna di forum 4chan menyebarkan unggahan berformat torrent yang berisikan satu set kode pemrograman lengkap, alias source code, dari Windows XP untuk pertama kalinya secara publik.

Tak hanya Windows XP, di dalam file berukuran sekitar 43 GB ini, pengguna juga konon bisa menemukan source code dari beberapa OS Windows versi lawas, di antaranya seperti Windows 2000, Windows CE 5, Windows NT 4, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Peringatan Microsoft bagi Pengguna Windows XP dan 7

Unggahan itu juga mencantumkan sebuah folder yang diduga berisikan sederet video konspirasi tentang Bill Gates.

Meski baru dibocorkan ke publik belakangan ini, sang pengunggah mengaku bahwa beragam source code OS yang ia susun sekitar 2 bulan tersebut sebenarnya sudah dibagikan selama bertahun-tahun secara diam-diam (private) kepada para peretas.

Ilustrasi isi dari file torrent yang bisa diakses dan diunduh oleh khalayak tersebut bisa disimak di gambar berikut.

Isi dari file torrent yang konon berisi source code Windows XP dan OS Microsoft lainnya.Bleepingcomputer Isi dari file torrent yang konon berisi source code Windows XP dan OS Microsoft lainnya.

Konon, source code Windows XP di atas, berikut beberapa versi OS Windows lawas lainnya yang tercantum di unggahan torrent tersebut, "bukan kaleng-kaleng" alias asli.

Pihak Microsoft sendiri mengatakan bahwa mereka tengah "menginvestigasi" masalah source code Windows Xp yang bocor ke publik tadi.

Bisa dipakai untuk eksploitasi bug

Lantas, mengapa source code OS Windows XP yang bocor ini bisa menjadi masalah bagi pengguna OS masa kini?

Baca juga: 4 dari 10 Konsumen Masih Pakai Windows XP atau Vista

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BleepingComputer, Selasa (29/9/2020), source code Windows XP yang bocor ini bisa menjadi masalah keamanan tersendiri.

Apalagi, jika Windows 10 memakai beberapa elemen source code yang mirip dengan OS yang dirilis sekitar 2001 tersebut.

Contohnya, peretas bisa saja menemukan beberapa celah keamanan (bug) dari source code Windows XP yang ternyata dipakai di Windows 10.

Lalu, pihak yang tidak bertanggung jawab ini, meski kemungkinannya rendah, bisa mengeksploitasi bug tersebut dan lantas melancarkan niat buruknya, bisa jadi melalui beragam program atau software komputer dan lain sebagainya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X