Layanan Pelacak Penerbangan Flightradar24 Tumbang Diserang Hacker

Kompas.com - 29/09/2020, 14:28 WIB
Situs pelacakan pesawat Flightradar24 twitter.com/@Flightradar24Situs pelacakan pesawat Flightradar24

KOMPAS.com - Situs pemantau penerbangan, Flightradar24 dilaporkan kembali mengalami gangguan sistem untuk ketiga kalinya dalam dua hari berturut-turut.

Akibatnya, pengguna Flightradar24 baik di perangkat browser PC, Android, maupun iOS tidak dapat mengakses layanan tersebut hingga berita ini ditayangkan.

Dalam kicauan di akun Twitter resmi-nya, Flightradar24 mengatakan bahwa tim teknisi
tengah memperbaiki dan menanggulangi permasalah ini.

Baca juga: Melihat Sepinya Langit Indonesia dari Situs Flightradar

"Untuk ketiga kalinya dalam dua hari, Flightradar24 kembali diserang. Teknisi kami sedang bekerja untuk menangani serangan itu. Kami berharap semuanya dapat kembali normal," tulis Flightradar24 dalam kicauan.

Kicauan lainnya juga menyebutkan bahwa beberapa jam yang lalu, Flightradar24 terus melakukan pembaruan setiap satu jam sekali, guna mengantisipasi serangan berkelanjutan pada sistem.

"Perbaikan masih berjalan. Kami berusaha mengembalikan layanan Flightradar24 agar kembali normal dan mengurangi efek serangan pada sistem kami. Pembaruan berikutnya akan dilakukan dalam satu jam kedepan, atau lebih cepat," kata Flightradar24.

Seperti diketahui, Flightradar24 sendiri merupakan situs yang memungkinkan Anda untuk dapat melacak penerbangan pesawat secara real time dalam sebuah peta.

Anda juga dimungkinkan untuk melacak sejumlah penerbangan di seluruh dunia, baik pesawat komersial, jet pribadi, maupun pesawat terbang militer.

Baca juga: Google Assistant Bisa Prediksi Delay Penerbangan

Peta penerbangan yang ditampilkan terus diperbarui setiap beberapa detik. Dengan menggunakan peta itu, Anda dapat melacak sebuah penerbangan tertentu, menandai rutenya, bandara tempat keberangkatannya, dan di mana pesawat itu akan mendarat.

Kini, situs Flightradar24 sudah tersedia dalam bentuk aplikasi yang dapat diunduh oleh pengguna Android maupun iOS.

Lewat aplikasi Flightradar24, pengguna smartphone dapat memperoleh informasi pesawat yang melintas di atas kepala mereka.

Pengguna cukup mengarahkan ponselnya di atas kepala, lalu dalam beberapa detik aplikasi akan menampilkan semua rincian data pesawat itu untuk Anda.

Datanya mencakup spesifikasi dari pesawat tersebut seperti tipe model, nomor seri, dan afiliasi maskapai penerbangan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X