Trafik Data Tri Terdongkrak 25 Persen Selama Pandemi

Kompas.com - 29/09/2020, 19:02 WIB
Ilustrasi Tri BTS Tri rilisIlustrasi Tri BTS

KOMPAS.com - Operator seluler Hutchison 3 (Tri) Indonesia mencatat kenaikan lalu lintas penggunaan internet selama pandemi Covid-19. Kenaikan tersebut dipengaruhi oleh pola hidup masyarakat yang sudah serba digital.

Berbagai kegiatan mulai dari bekerja, belajar, berbelanja hingga menikmati hiburan melalui streaming content dan gaming dilakukan secara online. Alhasil Tri mengalami kenaikan lalu lintas data internet sebanyak 25 persen lebih tinggi dibanding sebelum masa pandemi.

Baca juga: Tri Perkenalkan H3RO, Platform Digital Khusus Penggemar Game Mobile

Saat berbicara dalam acara peluncuran ekosistem gaming Tri yang disiarkan secara online, Selasa (29/9/2020), Vice President Hutchison 3 Indonesia M. Danny Buldansyah mengatakan pihaknya melihat peningkatan trafik data yang signigikan sejak Maret 2020. 

"Lalu lintas ini memuncak di bulan Mei 2020, pada saat lebaran, dengan peningkatan 25 persen dibandingkan bulan Februari 2020 lalu," kata M. Danny Buldansyah, Vice President Hutchison 3 Indonesia.

Saat ini, Tri memiliki jumlah pelanggan mencapai 36 juta orang. Menurut Danny, 95 persen dari jumlah tersebut didominasi oleh pengguna kalangan muda dan pengguna smartphone.

Tri berkomitmen untuk terus meningkatkan layanannya dengan membangun lebih dari 5.000 BTS baru yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, sekaligus meningkatkan kualitas dari ribuan BTS tersebut.

Baca juga: Cara Cek Kuota Belajar Kemendikbud untuk Nomor Telkomsel, XL, Indosat, dan Tri

Demi mendorong pertumbuhan jaringan internet yang lebih maksimal, Tri juga turut merapkan berbagai infrastruktur baru termasuk Dynamic Spectrum Sharing dan Narrow Beam Antenna.

Teknologi Dynamic Spectrum Sharing sendiri diklaim dapat mengelola spektrum secara lebih efisien efisien guna memenuhi kebutuhan pelanggan data. Lebih lanjut, dikatakan teknologi ini dapat mempermudah transisi dari jaringan 3G ke 4G.

Sementara teknologi Narrow Beam Antenna diklaim mampu menyediakan kekuatan sinyal yang kuat, sehingga mampu memperluas jaringan hingga ke gedung tinggi yang memiliki lantai bertingkat.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X