Fitur NFC di Vivo V20 Bisa Jadi Pengganti Kartu Akses

Kompas.com - 29/09/2020, 19:55 WIB
Bagian punggung Vivo V20 warna Midnight Jazz. Kompas.com/Wahyunanda KusumaBagian punggung Vivo V20 warna Midnight Jazz.

KOMPAS.com - Vivo resmi meluncurkan V20 dan V20 SE di Indonesia. Untuk pertama kalinya, Vivo menyematkan fitur NFC di pasar Indonesia lewat kedua model tersebut. Kendati demikian, fungsi NFC masing-masing model berbeda.

Berbeda dengan kebanyakan fitur NFC di smartphone, fitur NFC di Vivo V20 tidak hanya bisa digunakan untuk transfer file secara nirkabel atau mengecek dan top up saldo uang elektronik.

NFC di Vivo V20 juga bisa digunakan untuk mengganti kartu akses. Kelebihan ini bisa dimanfaatkan mereka yang sering menggunakan kartu akses untuk masuk ke apartemen atau perkantoran. Fitur ini bisa langsung ditemukan setelah mengaktifkan NFC di Vivo V20.

Baca juga: Vivo V20 dan V20 SE Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

Cukup klik menu NFC di "Bluetooth dan Perangkat", kemudian pilih "Access card" dan ikuti langkah-langkahnya. Jangan lupa menempelkan kartu akses yang ingin diduplikasi setelah berhasil mendaftarkan akun Vivo.

Apabila sudah terduplikasi, Vivo V20 bisa langsung digunakan sebagai pengganti kartu akses fisik. Ricky Bunardi, Senior Product Manager Vivo Indonesia mengatakan, Vivo telah membekali beragam fitur keamanan agar duplikasi akses ini tidak disalahgunakan.

"Ketika Anda masuk pertama kali, Anda harus melewati berbagai macam fitur keamanan yang sudah kita siapkan, jadi di situ keamanan tetap terjaga sehingga tidak sembarangan orang nanti bisa masuk ke aplikasi tersebut," jelas Ricky dalam sesi konferensi pers setelah peluncuran yang dilakukan lewat Zoom, Selasa (29/9/2020).

Ricky juga mengatakan bahwa fitur duplikasi ini tidak tersedia di Vivo V20 SE. Di V20 SE, fitur NFC hanya bisa digunakan untuk transfer data, melakukan transaksi non-tunai, mengecek dan top up saldo uang elektronik saja seperti fitur NFC pada umumnya.

Baca juga: Membuka Kemasan dan Menjajal Vivo V20 Versi Indonesia

Vivo V20 dan V20 SE memang memiliki sejumlah perbedaan. Selain di fitur NFC, perbedaan lainnya adalah prosesor di mana V20 diotaki chipset Snapdragon 720G yang di atas kertas lebih tangguh dibanding Snapdragon 665 yang ditanamkan di jantung V20 SE.

Hardware kamera kedua model juga berbeda. Kamera depan V20 beresolusi 44 MP sementara V20 SE beresolusi 32 MP.

Begitu pula susunan kamera belakang. Di V20, kamera belakang terdiri dari kamera utama 64MP, kamera multimode 8MP, dan kamera mono 2MP. Sementara di Vivo V20 SE, kamera belakang terdiri dari kamera utama 48 MP, dualmode 8MP, dan depth camera 2MP.

Baca juga: Vivo V20 Punya Kamera Depan 44 MP, Ada Fitur Apa Saja?

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X