12 Tips Praktis untuk Mempermudah Pencarian di Google

Kompas.com - 30/09/2020, 20:33 WIB
Tangkapan layar Google Search Engine yang menampilkan doodle bertema Benyamin Sueb ScreenshotTangkapan layar Google Search Engine yang menampilkan doodle bertema Benyamin Sueb

KOMPAS.com -  Google memang search engine yang andal, tapi ada kalanya pengguna agak kesulitan menemukan apa yang dicari. 

Baca juga: Ulang Tahun Hari Ini, Nama Google Ternyata Berasal dari Salah Ketik

Nah, supaya bisa melakukan pencarian dengan cepat dan tepat sasaran di Google, ada 12 tips praktis yang bisa diterapkan. Pengguna dapat melakukan searching terhadap hal-hal yang lebih spesifik, seperti kata atau frase, link, situs, dan pengertian sebuah makna di Google.

Berikut ini selengkapnya, sebagaimana dirangkum Kompastekno dari Lifehack, Rabu (30/9/2020),

1. Gunakan tanda bintang (*) untuk mencari kata atau frase yang tidak Anda ingat

Penggunaan tanda bintang (asterisk) pada pencarian Google akan membantu Anda untuk menemukan frase atau kata yang terlupakan.

Google akan menanggapi tanda bintang itu sebagai kata yang harus diisi dengan hasil yang paling relevan.

Jadi, apabila Anda lupa satu kata pada sebuah ucapan, Anda bisa menambahkan simbol tersebut untuk menemukan frasa yang ingin Anda temukan di Google.

Misalnya, Anda ingin menemukan narasi lengkap dari frasa atau tagline "Jernih Melihat Dunia" namun Anda lupa dengan kata "Dunia" dalam frasa tersebut.

Anda bisa menulisnya di kolom pencarian dengan cara menulis "Jernih melihat * ", tanpa tanda petik.

Cara menggunakan tanda bintang untuk pencarian di Google Putri Zakia Salsabila/ KOMPAS.com Cara menggunakan tanda bintang untuk pencarian di Google

2. Menggunakan kata Site: untuk menelusuri sebuah kata di sebuah situs web.

Penggunaan kata "Site:" sangat membantu Anda untuk mencari kata atau frasa dalam sebuah situs web.

Misalnya Anda ingin mengetahui sebuah informasi tentang TikTok di Kompas.com, Anda bisa menulisnya di kolom pencarian google dengan cara mengetikkan "Site:Kompas.com Tiktok".

Baca juga: Cara Melihat Tampilan Situs Google Versi Jadul

Nantinya, Google akan langsung menunjukkan hasil pencarian yang berkaitan dengan informasi seputar Tiktok di situs Kompas.com.

Cara menggunakan parameter Site: untuk pencarian GooglePutri Zakia Salsabila/ KOMPAS.com Cara menggunakan parameter Site: untuk pencarian Google

3. Cara menemukan situs web serupa

Apabila Anda ingin mencari situs yang juga mengupas atau membahas topik yang sama, Anda bisa menuliskan "Related:nama situs"

Kemudian, Google akan menampilkan beberapa situs yang mirip dengan situs yang Anda tulis pada hasil pencariannya.

Misalnya, "Related:Kompas.com"

Cara menggunakan parameter Relate: untuk pencarian GooglePutri Zakia Salsabila/ KOMPAS.com Cara menggunakan parameter Relate: untuk pencarian Google

4. Telusuri frasa yang tepat menggunakan kutipan

Apabila ingin mencari sesuatu dengan kata atau frasa yang spesifik, Anda bisa menambahkan simbol kutip pada ujung frasa. 

Halaman:


Sumber LifeHack
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X