Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Maps Versi Gelap Mulai Disebar di Android

Kompas.com - 01/10/2020, 09:42 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google mulai menyebar fitur mode gelap (dark mode) di aplikasi Google Maps. Sejumlah pengguna Google Maps di Android melaporkan menu dark mode sudah tersedia.

Kebanyakan yang melaporkan sudah mendapatkan fitur dark mode adalah pengguna dengan OS Android 10 dan 11, mereka menggunakan aplikasi Google Maps versi 10.51.1.

Begitu tersedia, fitur dark mode bisa dipilih dari menu baru "Appearance" yang ada di Settings. terdapat tiga opsi tampilan yang ditawarkan, yakni Light theme (terang), Dark theme (gelap), dan Default.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Mode Gelap atau Dark Mode Facebook Versi Web

Versi gelap ini akan menampilkan latar belakang peta berwarna paling gelap, sedangkan jalan akan ditampilkan dengan warna abu-abu terang.

Sementara teks, pin dan ikon tetap bisa terlihat dengan jelas. Meskipun dengan versi gelap, teks, pin, dan ikon tetap memiliki warna yang lebih cerah.

Salah satu pengguna Google Maps membagikan pengalamannya mengubah menu dan settings Google maps menjadi versi gelap.

Akun bernama Alessandro Paluzzi ini juga melampirkan beberapa tangkapan layar dan tahapan untuk mengubah Google maps ke versi gelap.

Bagi Anda yang memiliki Android 10 atau 11, dan telah mengupdate Google Maps ke versi 10.51.1, bisa mengecek apakah menu "Appearance" sudah terdapat di kolom Setting atau belum.

Google Maps versi gelap9to5google Google Maps versi gelap
Menu Settings bisa diakses dengan cara membuka profil foto akun google Anda di aplikasi Google Maps, di pojok kanan atas berdekatan dengan kolom percarian dan mikrofon berwarna hitam di sisi atas aplikasi.

Dirangkum KompasTekno dari 9to5Google, Kamis (1/10/2020), jika menu Appearance di Settings telah muncul, di bawah opsi tersebut akan tertulis keterangan "Default to device theme". Pilihlah opsi tersebut.

Baca juga: Penelitian Ungkap Mode Gelap di Smartphone Bisa Merusak Pola Tidur

Selanjutnya, Google Maps akan memunculkan pop up Appearance yang terdiri dari tiga opsi tadi, yakni Light Them, Dark Theme, dan Default to device theme. Pilihlah salah satu di antara ketiganya.

Setelah Anda pilih, Anda dapat langsung menyimpan perubahan tersebut. Kemudian, Google maps akan langsung mengubah warna tampilan aplikasi dengan versi gelapnya.

Perlu diingat, update dark mode ini baru digelontorkan Google untuk pengguna dalam jumlah terbatas. Belum diektahui kapan Google mulai menyebar fitur ini secara luas.

Setelah disebar luas di Android nanti, kemungkinan versi iOS juga akan mendapat pembaruan yang sama.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com