Ini 5 Merek Penguasa Pasar Smartphone Indonesia di Kuartal II-2020

Kompas.com - 02/10/2020, 08:43 WIB
Suasana ITC Roxy Mas, salah satu pusat belanja ponsel terbesar di Jakarta. Kompas.com/Wahyunanda Kusuma PertiwiSuasana ITC Roxy Mas, salah satu pusat belanja ponsel terbesar di Jakarta.

KOMPAS.com - Firma riset IDC kembali mempublikasikan laporan pasar ponsel pintar di Indonesia untuk kuartal II-2020. Secara keseluruhan lima besar pabrikan smartphone di Indonesia masih dihuni pemain yang sama.

Urutannya pun tidak berubah dari kuartal I-2020. Vivo masih menguasai pasar smartphone Indonesia pada kuartal II-2020 dengan pangsa pasar 26,8 persen.

IDC melaporkan segmen ponsel murah menjadi penyumbang terbesar Vivo.

Perusahaan asal China itu mengandalkan distribusi lewat unorganized retail channel untuk penjualan kuartal II-2020. Sebab, toko-toko tersebut yang masih buka selama pembatasan sosial di beberapa wilayah diberlakukan.

Baca juga: IDC Ungkap Penurunan Pasar Smartphone Indonesia dan Potensi Pemulihannya

Oppo juga masih bercokol di nomor dua dengan pangsa pasar 21,2 persen, posisi yang sama dengan kuartal I-2020.

Agak berbeda dengan Vivo, Oppo cukup kuat di segmen ponsel menengah dengan kisaran harga Rp 3 jutaan hingga 6 jutaan. Beberapa model ponsel mid-range yang populer di antaranya Oppo A52, A92, dan A91.

Posisi ketiga dihuni Samsung dengan pangsa pasar 18,7 persen. Menurut IDC, Samsung mengubah strateginya dengan menjadikan seri Galaxy M dijual secara eksklusif lewat kanal online selama kuartal II-2020.

"Namun, jajaran produk lain tampak kesulitan untuk bersaing dengan merek berbasis China di segmen midrange, hingga low-end," tulis IDC dalam laporannya yang diterima KompasTekno, Jumat (2/10/2020).

Grafik pangsa pasar 5 besar pabrikan smartphone di Indonesia pada Q2-2020 versi IDC.IDC Grafik pangsa pasar 5 besar pabrikan smartphone di Indonesia pada Q2-2020 versi IDC.

Permintaan ponsel murah meningkat

Posisi keempat dihuni Xiaomi yang merengkuh pangsa pasar sebesar 16,9 persen. IDC menemukan bahwa selama pandemi yang mengharuskan proses belajar dan bekerja dari rumah, permintaan ponsel murah di pasar meningkat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X