Pengiriman Ponsel Murah di Indonesia Terdongkrak PJJ

Kompas.com - 02/10/2020, 19:24 WIB
Ilustrasi smartphone androidauthority.comIlustrasi smartphone
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com -  Pandemi Covid-19 membuat jumlah pengiriman perangkat smartphone murah di Indonesia mengalami peningkatan angka pengiriman pada kuartal II-2020.

Laporan firma riset pasar IDC menunjukkan bahwa total pengiriman perangkat smartphone murah meningkat hingga 48 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Disebutkan bahwa, permintaan smartphone yang meningkat dilatarbelakangi oleh kebutuhan pengguna untuk menunjang produktivitas mereka selama masa pandemi, termasuk kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). 

Baca juga: Ini 5 Merek Penguasa Pasar Smartphone Indonesia di Kuartal II-2020

"Besarnya permintaan smartphone murah untuk mendukung kegiatan belajar di rumah telah menaikkan pangsa pasar produk low-end (kisaran harga 100-200 dollar AS, sekitar Rp 1,5 juta-Rp 3 juta)," tulis IDC dalam keterangannya kepada KompasTekno, Jumat (2/10/2020).

Market share smartphone murah pada kisaran harga tersebut di kuartal II-2020, menurut IDC, mencapai lebih dari 75 persen, naik dari 48 persen setahun lalu. Para vendor ponsel di Indonesia pun menelurkan banyak model smartphone di segmen ini.

Vivo menjadi vendor yang mendominasi pasar smartphone murah di Indonesia. Menurut IDC, Vivo berfokus dengan penjualan produknya lewat toko-toko ritel yang masih beroperasi selama masa karantina.

Oppo juga masih mempertahankan eksistensinya di kategori mid-range dengan kisaran harga sekitar Rp 3 - 6 juta dan beberapa seri terbarunya yaitu seri A52, A92, dan A91.

Baca juga: Pengiriman Smartphone di Indonesia Catat Rekor Terendah

Pabrikan asal Korea Selatan, Samsung, mengandalkan seri M sebagai pelopor ponsel murahnya yang dijual di pasar online Indonesia.

Xiaom disebut memimpin pasar produk low-end di kisaran harga 100 US Dollar atau sekitar Rp 1,5 juta berkat penjualan perangkat Redmi 8A Pro di pasaran. Lalu ada Realme yang mengandalkan seri Narzo sebagai ponsel gaming dengan harga terjangkau.

Secara keseluruhan, tercatat bahwa total pengiriman smartphone di Indonesia mencapai 7,1 juta unit pada kuartal kedua 2020. Angka tersebut menurun hingga 26 persen dibandingkan pada kuartal yang sama tahun 2019 dan menurun 3 persen secara quarter-on-quarter (QoQ).

 



Sumber IDC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X