Pengalaman Memakai Fitur-fitur Ponsel Game Black Shark 3, Sebagus Apa?

Kompas.com - 03/10/2020, 11:02 WIB
Tampilan depan Black Shark 3. Secara tampilan, layar ponsel gaming ini lebih lega dibanding pendahulunya, yakni dengan diagonal 6,67 inci dan resolusi Full HD Plus. Layar yang mengadopsi panel AMOLED itu juga kini mendukung refresh rate 90 Hz, alih-alih 60 Hz, dengan touch sampling rate 270 Hz. Layarnya sendiri masih enak dipandang meski di bawah terik sinar matahari. Tingkat kecerahan layar ini bisa mencapai 500 nits. KOMPAS.com/Bill ClintenTampilan depan Black Shark 3. Secara tampilan, layar ponsel gaming ini lebih lega dibanding pendahulunya, yakni dengan diagonal 6,67 inci dan resolusi Full HD Plus. Layar yang mengadopsi panel AMOLED itu juga kini mendukung refresh rate 90 Hz, alih-alih 60 Hz, dengan touch sampling rate 270 Hz. Layarnya sendiri masih enak dipandang meski di bawah terik sinar matahari. Tingkat kecerahan layar ini bisa mencapai 500 nits.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Black Shark resmi memboyong ponsel gaming generasi terbarunya, Black Shark 3, ke Indonesia beberapa waktu lalu. Di Indonesia, ponsel tersebut dijual dengan harga Rp 10 juta untuk varian 8 GB/128 GB dan Rp 12 juta untuk varian 12 GB/256 GB.

Suksesor Black Shark 2 ini dibekali dengan sederet fitur anyar yang diklaim bisa meningkatkan pengalaman bermain game.

Baca juga: Ponsel Gaming Black Shark 3 Resmi Bisa Dipesan di Indonesia, Ini Harganya

Apa saja? Apakah fitur-fitur tersebut berfungsi sebagaimana mestinya? KompasTekno pun menjajal Black Shark 3 selama beberapa pekan untuk mencari tahu jawabannya. Simak ulasannya berikut ini.

Teknologi layar canggih

Fitur Black Shark 3 paling wahid terletak di layarnya. Layar bermateri AMOLED dan berukuran 6,67 inci ini dibekali dengan refresh rate 90 Hz, touch response rate 270 Hz, serta diklaim bisa menerima respons sentuhan gesit hanya dalam waktu 24ms.

Secara garis besar, KompasTekno tidak merasakan adanya kendala di layar. Respon sentuhan layar terhadap game yang dimainkan juga terasa lebih cepat dibanding smartphone pada umumnya.

Selain waktu respons, layar tersebut juga telah mengadopsi teknologi Motion Estimation, Motion Compensation (MEMC).

Black Shark 3 memainkan konten Netflix dengan bantuan fitur MEMC.KOMPAS.com/Bill Clinten Black Shark 3 memainkan konten Netflix dengan bantuan fitur MEMC.

Teknologi ini memungkinkan konten video yang ditampilkan bakal berjalan lebih mulus dengan teknik penambahan frame rate (fps).

KompasTekno menjajal fitur ini ketika menonton sebuah film di platform Netflix. Benar saja, film tampak berjalan lebih mulus dan terasa seperti diputar dalam mode 60 fps.

Shark Space bikin main game bebas gangguan

Masuk ke fitur gaming yang lebih spesifik ada Shark Space 3.0. Fitur ini sejatinya sudah terpasang di seluruh ponsel gaming besutan Black Shark.

Baca juga: Black Shark 3 Versi RAM 12 GB Resmi di Indonesia, Ini Spesifikasi Lengkap dan Harganya

Fungsi utamanya adalah untuk mencegah beragam hal yang bisa mengganggu pengalaman bermain game, seperti panggilan telepon, SMS, WhatsApp, dan beragam notifikasi dari aplikasi lainnya.

Fitur Shark Space sendiri hanya bisa diaktifkan dengan cara menggeser sebuah toggle yang terletak di bingkai bagian kiri bawah ponsel ke atas.

Toggle Shark Space 3.0 yang mejeng di bingkai kanan bawah Black Shark 3. Toggle ini bisa digeser ke atas atau ke bawah.KOMPAS.com/Bill Clinten Toggle Shark Space 3.0 yang mejeng di bingkai kanan bawah Black Shark 3. Toggle ini bisa digeser ke atas atau ke bawah.

Setelah menggesernya, pengguna bakal disodori dengan tampilan Shark Space 3.0. Di dalamnya, pengguna bisa mengubah sejumlah pengaturan yang terangkum di dalam menu Gamer Studio.

Di antaranya seperti pengaturan kecepatan layar, sensitivitas layar terhadap sentuhan, performa, dan lain sebagainya.

Baca juga: Unboxing dan Kesan Pertama Menjajal Xiaomi Black Shark 3

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X