Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMS di Android Bisa Dipakai Chatting Seperti WhatsApp, Begini Caranya

Kompas.com - 04/10/2020, 16:43 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejak beberapa tahun lalu, Google berupaya mengubah SMS menjadi alat komunikasi yang modern. Perubahan tersebut di antaranya dengan membuat SMS memiliki fitur seperti WhatsApp.

Fitur tersebut dikenal dengan nama Rich Communication Services atau RCS. Fitur ini sudah lebih dulu hadir di iOS pada iMessage miliknya.

Dengan fitur ini, aplikasi Message di Android memiliki kemampuan serupa dengan WhatsApp. Seperti mengirim gambar, video, hingga status lawan bicara apabila sedang mengetik pesan.

Tentu saja semua kemampuan tersebut dapat digunakan melalui jaringan internet. Sehingga tidak membebani pengguna dengan biaya yang besar layaknya sebuah MMS.

Baca juga: Marak SMS Penawaran Operator, BRTI Didesak Bikin Regulasi

Lantas bagaimana cara mengaktifkannya?

Pertama-tama, buka aplikasi Google Messages. Perlu dicatat, Google Messages sendiri biasanya sudah terpasang di sejumlah ponsel Android sebagai aplikasi bawaan untuk menerima/mengirim SMS.

Namun, bagi Anda yang tidak bisa menemukannya, Anda bisa mengunduh aplikasi tersebut di tautan berikut.

Cara mengaktifkan fitur RCS Messaging.DigitalTrends Cara mengaktifkan fitur RCS Messaging.
Kemudian, pilih ikon "tiga titik" yang tersusun secara vertikal di pojok kanan atas tampilan utama aplikasi tersebut dan pilih menu "Settings". Lalu, pilih menu "General", "Chat features", dan aktifkan opsi "Enable chat features".

Nantinya pengguna akan diminta memasukkan nomor ponsel yang akan digunakan.

Setelah diaktifkan dan muncul menu informasi baru berbunyi "Status: Connected", maka seluruh SMS/MMS yang dikirim via aplikasi Google Messages bakal disulap menjadi pesan RCS dan tidak akan memakan pulsa sebagaimana biasanya.

Baca juga: SMS Kode OTP Sering Terlambat Masuk ke Ponsel? Ini Penyebabnya

Penting untuk diingat, fitur ini sejatinya membutuhkan koneksi internet. Selain itu, penerima pesan juga harus sama-sama mengaktifkan fitur RCS di ponsel Androidnya.

Jika tidak, maka pesan yang dikirimkan via aplikasi Google Messages akan berjenis SMS/MMS dan akan memotong pulsa yang ada.

RCS Messaging sendiri hanya bisa diaktifkan apabila operator seluler Anda telah mendukung pengiriman pesan lewat fitur tersebut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari DigitalTrends, Minggu (4/10/2020).

Selain itu, pengguna yang menggunakan ponsel dual-SIM harus mengatur default SMS, panggilan telepon, dan koneksi internet pada ponsel dalam satu kartu yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com