Begini Cara Mengatasi Data GPS yang Mendadak Hilang di Apple Watch

Kompas.com - 04/10/2020, 19:15 WIB
Layanan Fitness Plus dapat disaksikan pada iPhone The VergeLayanan Fitness Plus dapat disaksikan pada iPhone

KOMPAS.com - Apple akhirnya berhasil menemukan solusi untuk mengatasi bug yang sempat mengganggu pengguna iOS 14 dan WatchOS 7. Bug tersebut diketahui telah menjadi dalang atas hilangnya data rekaman GPS dari aktivitas olahraga para pengguna.

Secara khusus, bug tersebut ditemukan pada arloji pintar Apple Watch Series 3 hingga generasi terbaru, yakni Apple Watch Series 6.

Permasalahan bermula sejak pekan lalu, ketika para pengguna Apple Watch mengeluh lantaran arloji pintar mereka gagal merekam data GPS ketika digunakan selama berolahraga. Dilaporkan terdapat lebih dari 1.300 pengguna yang terdampak atas gangguan bug tersebut.

Baca juga: Apple Perkenalkan Apple Watch Series 6 dan Apple Watch SE, Harganya?

Beberapa pengguna bahkan mengaku kehilangan data pada aplikasi fitness mereka, usai menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Strava.

Strava sendiri merupakan aplikasi Android dan iOS yang bisa disinkronkan dengan beragam perangkat smartwatch, salah satunya aneka produk buatan Apple. Strava dapat digunakan untuk merekam rute saat melakukan perjalanan bersepeda dan berlari.

Bermaksud untuk memberantas serangan bug, Apple kemudian menggelontorkan pembaruan iOS 14.0.1 dan watchOS 7.0.1. Meski demikian, pembaruan tersebut tampaknya masih belum cukup efektif dalam menangani bug.

Walhasil Apple menawarkan cara yang cukup ekstrem, yakni dengan menghapus semua data yang terhubung di perangkat ponsel dan arloji pintar pengguna. 

Baca juga: Google Maps untuk Apple Watch Sudah Bisa Diunduh di App Store

Apple meminta para pengguna untuk mencopot pemasangan (unpair) Apple Watch yang sebelumnya telah terhubung dengan perangkat iPhone.

Namun sebelum melakukan tahap tersebut, pengguna turut dianjurkan untuk mencadangkan data terlebih dahulu melalui iCloud Backup. Jika sudah, maka pengguna dapat melanjutkan tahap selanjutnya dengan menghapus seluruh data dan pengaturan yang ada.

Ketika proses penghapusan data selesai, maka pengguna dapat kembali memulihkan data-data tersebut dan kembali memasangkan (pair) perangkat iPhone dengan Apple Watch sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Apple Insider, Kamis (1/10/2020).

Meski terbilang rumit, namun cara di atas merupakan satu-satunya solusi sementara yang ampuh untuk mengatasi serangan bug tersebut.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X