Perusahaan Daur Ulang Jual 100.000 iPhone, iPad, dan Apple Watch Ilegal

Kompas.com - 05/10/2020, 10:02 WIB
ilustrasi iPhone user gizchina.comilustrasi iPhone user

KOMPAS.com - Apple melayangkan gugatan terhadap Geep atas kasus penjualan perangkat elektronik secara ilegal. Geep dilaporkan telah secara diam-diam menjual lebih dari 100.000 perangkat Apple yang terdiri dari iPhone, iPad dan Apple Watch.

Geep merupakan perusahaan daur ulang elektronik yang berbasis di Kanada. Sejak tahun 2014, Geep resmi bergabung menjadi mitra resmi Apple dan telah dipercaya dalam menangani proses daur ulang produk-produk elektronik Apple.

Baca juga: Begini Cara Mengatasi Data GPS yang Mendadak Hilang di Apple Watch

Namun alih-alih menjalankan tugasnya, Geep ternyata justru menjual ratusan ribu perangkat yang seharusnya melewati proses daur ulang. Tindakan ilegal tersebut dilakukan tanpa persetujuan langsung dari pihak AppleT

Apple telah mengajukan gugatan dari jauh-jauh hari, yakni sejak Januari 2020 lalu. Kasus itu dilanjutkan oleh Geep, yang kemudian mengajukan gugatan balik pada Juli 2020.

Geep menyebut bahwa aksi pejualan barang ilegal ini dilancarkan oleh tiga orang karyawannya, yang diduga merupakan para petinggi Geep. Meski demikian, Geep mengklaim bahwa pihak perusahaan tidak memiliki keterlibatan langsung.

Apple menuntut Geep untuk mengembalikan seluruh keuntungan yang dihasilkan dari proses penjualan iPhone, iPad dan Apple Watch dimaksud, ditambah denda sebesar 31 juta dollar Kanada atau sekitar Rp 347 miliar.

Meski baru terungkap baru-baru ini, Apple sebenarnya telah mengendus aksi curang Geep sejak akhir tahun 2017, yang dilanjutkan dengan pemutusan kontrak kemitraan dengan Geep.

Baca juga: Apple Rilis iOS 14.0.1, E-mail dan Browser Default Kini Bisa Diganti

Kasus bermula ketika Apple mengirimkan 531.966 unit iPhone, 25.673 iPad, dan 19.277 Apple Watch kepada Geep dalam kurun waktu antara Januari 2015 hingga Desember 2017, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Apple Insider, Senin (5/10/2020).

Semua mulai terungkap ketika Apple melakukan audit gudang Geep. Di sana, Apple mendapati bahwa sebanyak 18 persen perangkat yang dikirimkan ke Geep ternyata telah dijual ke beberapa jaringan penjual lain.

Secara keseluruhan, sebanyak 103.845 unit perangkat yang terdiri dari iPhone, iPad dan Apple Watch telah dijual oleh Geep.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X