Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desainer Raup Rp 1,5 Miliar dalam Sepekan dari Jualan Ikon iPhone

Kompas.com - 06/10/2020, 10:09 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber BBC

KOMPAS.com - Semenjak update iOS 14 memungkinkan penggantian tampilan ikon aplikasi dan elemen antarmuka lainnya, para pengguna iPhone sibuk berburu desain baru untuk memoles tampang perangkatnya.

Perburuan mereka membawa berkah bagi seorang desainer asal Amerika Serikat yang menyebut dirinya sendiri dengan nama"Traf" di internet.

Baca juga: iOS 14 dan iPadOS 14 Sudah Bisa Diunduh, Begini Caranya

Hanya dalam waktu sepekan, dia berhasil meraup penghasilan sebesar lebih dari 100.000 dollar AS (sekitar Rp 1,4 miliar) dari menjual preset ikon untuk iOS 14.

Dia mempromosikan preset ikon buatannya dengan menggunggah screenshot di Twitter. Desain ikon rancangannya yang minimalis dengan warna monokrom serta terkesan bersih rupanya membuat para pengguna iPhone kepincut.


"Orang-orang langsung bertanya tentang ikon di dalam screenshot, saya pun segera mengemasnya," ujar Traf dalam sebuah posting di blog miliknya.

Karena belum ada patokan harga untuk desain ikon iOS, Traf memutuskan untuk menjual set ikon untuk iOS tersebut seharga 28 dollar AS atau sekitar Rp 415.000.

Popularitas ikon rancangan Traf ikut terbantu setelah dipromosikan oleh pengulas gadget beken, Marques Brownlee, yang ikut menampilkannya dalam video soal pembahasan ikon di iOS 14. Kanal YouTube MKBHD milik Brownlee diketahui memiliki 12 juta subscriber.

Traf pun mengaku berhasil mencatat 3.626 penjualan dengan total pemasukan sebesar 101.528 dollar AS (Rp 1,5 miliar) dalam kurun waktu hanya 6 hari, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari BBC, Senin (5/10/2020).

Meski demikian, di dalam blog, Traf bercerita bahwa sukses tersebut tak diraih secara instan, melainkan lewat perjuangan panjang selama 7 tahun, sejak dia mulai membuat ikon untuk iPhone jailbreak di Cydia Store.

Baca juga: Apple Rilis iOS 14.0.1, E-mail dan Browser Default Kini Bisa Diganti

Dia turut berbagi tips dalam menjajakan karya di internet, salah satunya adalah rajin posting. "Teruslah kerjakan yang Anda suka, bagikan hasilnya dengan dunia dan biarkan internet yang bekerja," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com