Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elon Musk Ingin Baterai Mobil Listrik Tesla Diproduksi di Indonesia?

Kompas.com - 06/10/2020, 11:33 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Produsen kendaraan listrik (electrical vehicles/EV) asal Amerika Serikat, Tesla dikabarkan tertarik untuk berinvestasi di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Plt. Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Maritim dan Investasi, Ayodhia Kalake, dalam pernyataan yang dilansir Reuters baru-baru ini.

Menurut pemaparan Ayodhia, perusahaan yang dirintis Elon Musk itu telah menghubungi  pemerintah Indonesia secara informal, terkait model investasi yang sesuai untuk Tesla di Tanah Air.

Baca juga: Grab Boyong Tim Riset Mobil Listrik ke Indonesia

Meski demikian, Ayodhia melanjutkan, pembicaraan tersebut masih dalam tahap awal. Sehingga, belum diketahui model bisnis seperti apa yang bakal dijalankan Tesla di Indonesia.

"Diskusi investasi ini masih dalam tahap awal dan belum dibicarakan secara mendalam," kata Ayodhia, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Reuters, Selasa (6/10/2020).

"Kami membutuhkan diskusi yang lebih jelas dengan Tesla," imbuhnya, sembari mengatakan bahwa Indonesia sendiri memiliki sejumlah insentif untuk investasi di industri kendaraan listrik.

Sayangnya, pihak Tesla belum memberikan keterangan resmi terkait rencana investasi tersebut.

Bangun pabrik baterai lithium?

Kendati belum jelas, Indonesia sendiri saat ini disebut tengah fokus untuk meningkatkan produksi nikel dalam negeri.

Hal tersebut dilakukan untuk menggenjot produksi baterai lithium dan kendaraan listrik secara domestik. Adapun kedua produk tersebut memang mengandalkan nikel sebagai bahan utamanya.

Baca juga: Skuter Listrik Segway Berhenti Diproduksi

Keseriusan di ranah pemroduksian baterai sendiri agaknya terwujud dalam sebuah kesepakatan dengan dua perusahaan baterai raksasa di Asia, yakni LG Chem dan Contemporary Amperex Technology, pada September lalu.

Dalam kerja sama ini, pemerintah Indonesia sepakat untuk membangun pabrik baterai lithium di Tanah Air dengan kedua perusahaan asal Korea Selatan dan China tersebut.

Konon, rencana inilah yang mendorong Tesla tertarik untuk turut berinvestasi di Tanah Air.

Sebab, perusahaan yang memiliki fokus di bidang energi tersebut juga memiliki rencana untuk meningkatkan produksi nikel, sebagai bahan utama untuk membuat sejumlah produk bikinan perusahaan.

Lantas, apakah Tesla bakal ikutan berkontribusi untuk investasi di pabrik baterai lithium? Sayangnya jawaban tersebut belum bisa dipastikan. Kita nantikan saja perkembangannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com