Daftar Ponsel Harga Rp 1-3 Juta di Indonesia untuk Belajar dari Rumah

Kompas.com - 06/10/2020, 12:14 WIB
Sejumlah pelajar saat istirahat sejenak di luar Balai Warga RT 05/RW 02 Kelurahan Galur, Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (1/9/2020). JAK Wifi adalah program internet gratis dari Pemprov DKI Jakarta yang ditujukan untuk pelajar di permukiman padat penduduk yang kesulitan mengakses internet. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGSejumlah pelajar saat istirahat sejenak di luar Balai Warga RT 05/RW 02 Kelurahan Galur, Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (1/9/2020). JAK Wifi adalah program internet gratis dari Pemprov DKI Jakarta yang ditujukan untuk pelajar di permukiman padat penduduk yang kesulitan mengakses internet.

KOMPAS.com - Menjelang akhir tahun 2020, pembelajaran jarak jauh (PJJ) masih dilakukan karena pandemi Covid-19 belum juga usai di Indonesia. Ponsel pun menjadi kebutuhan penting untuk menunjang belajar online.

Tak perlu mahal-mahal. Ponsel dengan kisaran harga Rp 1 juta-Rp 3 jutaan sudah cukup mumpuni untuk mendukung kegiatan belajar online. Ada sedikit tips dari KompasTekno yang bisa digunakan untuk memilih ponsel penunjang belajar dari rumah.

Baca juga: Cara Cek Kuota Belajar Kemendikbud untuk Nomor Telkomsel, XL, Indosat, dan Tri

Tips paling penting adalah memprioritaskan spesifikasi sesuai kebutuhan. Misalkan, karena sering tatap muka melalui Zoom atau Google Classroom, maka bisa memilih ponsel yang memiliki kamera depan berkualitas tinggi, terutama dalam kondisi low-light.

Ada baiknya mempertimbangkan yang memiliki memori besar agar aplikasi dan pengiriman tugas kepada guru bisa berjalan lancar.

Kapasitas baterai juga bisa menjadi pertimbangan agar ponsel tidak mudah kehabisan daya saat pembelajaran berlangsung.

Baca juga: Pengiriman Ponsel Murah di Indonesia Terdongkrak PJJ

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X