Instagram Sediakan Tombol Belanja di IGTV dan Reels

Kompas.com - 06/10/2020, 19:05 WIB
ilustrasi Instagram user cnet.comilustrasi Instagram user

KOMPAS.com - Pertengahan tahun lalu, Instagram meluncurkan fitur belanja bernama Instagram Shopping di aplikasinya. Fitur itu bisa ditemukan di feed profil dan stories Instagram akun penjual atau toko.

Kini, Instagram semakin memperluas kehadiran fitur belanja ke IGTV dan juga Reels. Fitur belanja di IGTV mulai diluncurkan secara global hari ini, sementara di Reels masih dalam tahap uji coba tahun ini.

Pengumuman itu juga disampaikan CEO Instagram Ada Mosseri lewat akun Instagram pribadinya.

"Kami ingin tetap membuatnya mudah untuk menemukan produk yang Adna sukai dan juga mendukung kreator favorit Anda," tulis Mosseri dalam pengumuman tersebut.

Baca juga: Kakek 94 Tahun Pecahkan Rekor 1 Juta Follower Instagram Tercepat

Seperti di dalam feed, ikon belanja dengan gambar sebuah tas jinjing akan tersemat pada bagian bawah IGTV, sejajar dengan ikon suka (like), komentar, dan share (bagikan).

Ketika ikon belanja diklik, pengguna akan diarahkan ke katalog produk yang berisi gambar, nama produk, serta harga.

Untuk membeli, cukup klik "add to bag" kemudian lanjutkan ke proses check out atau transaksi pembayaran. Perubahan ini mejadi langkah awal Instagram agar IGTV dapat dimonetisasi.

Pengikut (followers) kreator bisa langsung membuka toko online milik kreator favoritnya untuk membeli merchandise langsung dari IGTV.

Fitur Instagram Shopping di IGTV.Instagram Fitur Instagram Shopping di IGTV.

Dirangkum KompasTekno dari Engadget, Selasa (6/10/2020), Instagram juga sedang menguji coba IGTV komersil yang memiliki durasi video lebih lama serta bisa dimonetisasi. Saat ini, IGTV memiliki durasi video maksimal 60 menit atau 1 jam saja.

Penambahan fitur belanja di Reels juga membuat Instagram satu langkah di depan dari TikTok.

Baca juga: Facebook Akhirnya Gabungkan Messenger dan Direct Message Instagram

Untuk yang belum familiar, Reels merupakan fitur berbagi video pendek baru Instagram yang digadang akan menyaingi TikTok.

Facebook membuat fitur belanja menjadi salah satu bagian penting di Instagram. Perusahaan jejaring sosial itu telah meluncurkan fitur pembayaran dari dalam aplikasi untuk penggunanya di Amerika Serikat. Facebook juga sempat mengatakan ingin merombak desain aplikasi dengan menu belanja khusus.



Sumber ENGADGET
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X